Thursday, August 16, 2018
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Sarana Mengetahui Ilmu Mqashid: Memahami Struktur Bahasa Arab

 Cara-Setting-Menulis-Teks-Bahasa-Arab-Microsoft-Word-Windows-7-Seven

 

Sebelumnya pernah kami sampaikan mengenai salah satu sarana untuk mengetahui ilmu maqashid, yaitu dengan istiqra atau kajian induktif. Berikut kami sampaikan mengenai cara keduya untuk mengetahui ilmu maqashid, yaitu dengan melihat struktur bahasa Arab.

Untuk dapat memahami bahasa Arab secarfa mendalam, dibutuhkan pengetahuan mengenai struktur bahasa Arab secara mendalam pula. Al-Quran dan sunnah nabi Muhammad saw menggunakan bahasa Arab. Secara otomatis untuk dapat memahami keduanya juga harus paham bahasa yang digunakan oleh dua sumber tadi. Ini artinya kita juga harus mendalami secara baik mengenai setruktur yang berlaku dalam bahasa Arab. Kemampuan kebahasaan ini menjadi kunci utama agar kita mampu menyelami dkandungan ilmu maqashid syariah. Jadi, paham saja belum cukup.

 

Bahasa pada prinsipnya merupakan sarana manusia untuk berkomunikasi dengan yang lain. Bahasa juga wujud dari ekspresi manusia atas apa yang ada dalam benak dan pikirannya. Istilah Ibnu Khaldun, bahasa merupakan “cawan” pengetahuan. Ada makna yang terkandung di balik bahasat. Makna-makna tersebut harus diungkap melalui lafal yang digunakan oleh suatu bahasa tertentu.

 

Bahasa sebagai sarana untuk mengungkapkan sebuah makna tidak hanya berlaku bagi bahasa yang sumbernya dari akal manusia, namun juga bahasa wahyu. Wahyu sendiri turun untuk manusia dan dipahami umat manusia. oleh karena itu, wahyu menggunakan bahawa manusia sebagai rahmat Allah untuk hambanya.

 

وَمَا أَرْسَلْنَا مِنْ رَسُولٍ إِلَّا بِلِسَانِ قَوْمِهِ لِيُبَيِّنَ لَهُمْ ۖ فَيُضِلُّ اللَّهُ مَنْ يَشَاءُ وَيَهْدِي مَنْ يَشَاءُ ۚ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

 

Kami tidak mengutus seorang rasulpun, melainkan dengan bahasa kaumnya, supaya ia dapat memberi penjelasan dengan terang kepada mereka. Maka Allah menyesatkan siapa yang Dia kehendaki, dan memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki. dan Dia-lah Tuhan yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana.” (Ibrahim: 4)

 

Karena lafal yang digunakan oleh bahasa wahyu menggunakan bahasa manusia, maka untuk mengetahui makna-makna tadi secara otomatis juga dituntut untuk memahami seluk beluk bahasa manusia itu.  Wahyu Allah yang diturunkan kepada nabi Muhammad menggunakan bahasa Arab, karena nabi Muhammad orang Arab.

 

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ
Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya. (QS: Yusuf: 2)

 

وَكَذَٰلِكَ أَنْزَلْنَاهُ حُكْمًا عَرَبِيًّا ۚ وَلَئِنِ اتَّبَعْتَ أَهْوَاءَهُمْ بَعْدَمَا جَاءَكَ مِنَ الْعِلْمِ مَا لَكَ مِنَ اللَّهِ مِنْ وَلِيٍّ وَلَا وَاقٍ

 

Dan demikianlah, Kami telah menurunkan Al Quran itu sebagai peraturan (yang benar) dalam bahasa Arab. Dan seandainya kamu mengikuti hawa nafsu mereka setelah datang pengetahuan kepadamu, maka sekali-kali tidak ada pelindung dan pemelihara bagimu terhadap (siksa) Allah. (QS: Ar-Ra’d: 37)

 

وَلَقَدْ نَعْلَمُ أَنَّهُمْ يَقُولُونَ إِنَّمَا يُعَلِّمُهُ بَشَرٌ ۗ لِسَانُ الَّذِي يُلْحِدُونَ إِلَيْهِ أَعْجَمِيٌّ وَهَٰذَا لِسَانٌ عَرَبِيٌّ مُبِينٌ

Dan sesungguhnya Kami mengetahui bahwa mereka berkata: “Sesungguhnya Al Quran itu diajarkan oleh seorang manusia kepadanya (Muhammad)“. Padahal bahasa orang yang mereka tuduhkan (bahwa) Muhammad belajar kepadanya bahasa ´Ajam, sedang Al Quran adalah dalam bahasa Arab yang terang. (QS: An-Nahl: 103)

 

Oleh karena itu, untuk menyingkap makna-makna nas tadi juga dituntut untuk menguasai benar mengenai berbagai wicana yang terkandung dalam bahasa Arab. Jadi, bahasa Arab menjadi kunci utama untuk memahami al-Quran dan sunnah Nabi Muhammad saw. Ia menjadi sarana tak terlepaskan untuk menyelami bahtera ilmu al-Quran dan sunnah nabi.

 

Untuk menguatkan pentingnya bahasa Arab, Ibnu Taimiyah berkata, “Belajar bahasa Arab itu bagian dari agama. Memahami bahasa Arab menjadi suatu keharusan untuk dapat memahami maqashid al-Quran dan sunah Nabi. Dengan bahasa Arab juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk memahami tujuan diturunkannya syariat Islam. Paham terhadap al-Quran dan sunnah Nabi hukumnya fardhu. Tidak mungkin dapat memahami keduanya kecuali dengan kemampuan berbahasa Arab. Sesuatu kewajiban yang tidak dapat dilaksanakan kecuali melalui sarana tertentu, maka mengadakan sarana tadi hukumnya wajib”. (Ibnu Taimiyah: Daru at-Ta’arud 2/134)

 

Sederhananya, al-Quran dan Sunnah berbahasa Arab. Untuk memamahi harus dimulai dengan penguasaan atas berbagai kaedah yang terdapat dalam bahasa Arab. Tanpa itu, akan sangat sulit untuk dapat mengerti mengenai kandungan al-Quran dan Sunnah. Jika disederhanakan, pernyataan Ibnu Taimiyah itu sebagai berikut: memahami perintah al-Quran hukumnya wajib, maka memahami bahasa Arab menjadi wajib.

 

Ibnu Taimiyah sering mengulang-upang mengenai urgensi pendalaman bahasa Arab dalam berbagai karyanya. Dalam kitab Iqtidha Ashirath al-Mustaqim, beliau berkata, “Pemahaman terhadap kitab Allah sangat bergantung kepada kemampuan atas pemahaman mendalam terhadap bahasa Arab, baik terkait dengan lafal maupun makna. Juga bergantung kepada pengetahuan mengenai nasih dan mansuh, perkara yang terkait dengan kewajiban yang ada dalam kitab al-Quran, baik yang berkenaan dengan budi pekerti, perintah kebaikan dan sesuatu yang dibolehkan. Di sini seseorang harus tau mengenai perbedaan kata perintah yang mengandung arti sebagai sebuah kewajiban dan kata perintah yang mempunyai indikator tertentu sehingga makna yang terkandung didalamnya dapat disimpulkan bukan merupakan bagian dari kewajiban”.

 

====================
Telah dibuka pendaftaran Pondok Almuflihun untuk Tahfez dan Ngaji Turas Islam. Informasi lebih lanjut, hubungi Ust Toyib Arifin (085868753674). Bagi yang ingin wakaf tunai untuk pembangunan Pondok Modern Almuflihun, silahkan salurkan dananya ke: Bank BNI Cabang Magelang dengan no rekening: 0425335810 atas nama: Yayasan Al Muflihun Temanggung. SMS konfirmasi transfer: +201120004899

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

Open