Wednesday, May 12, 2021
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Mimpi Bertemu Rasulullah dalam Bentuk Cahaya, Apakah itu Benar?

Tanya:
Mimpi bertemu rasulullah tetapi dalam bentuk cahaya yang terang lalu ada al. Ust jefri dan alm olga yg memberi tahu bahwa ia adalah rasulullah saw. Apakah itu benar? (Febby Tri Ananda – Palembang)

Jawab:
Wa’alaikum salam.

Mimpi bertemu Rasulullah saw adalah hal yang dimungkinkan. Hal ini sesuai dengan hadis berikut:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : وَمَنْ رَآنِي فِي الْمَنَامِ فَقَدْ رَآنِي حَقًّا فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لَا يَتَمَثَّلُ فِي صُورَتِي وَمَنْ كَذَبَ عَلَيَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنْ النَّارِ

Abu Hurairah Radhiyallahu anhu meriwayatkan dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Barangsiapa melihatku dalam mimpi, maka sungguh ia telah melihatku secara benar. Sesungguhnya setan tidak bisa menyerupai bentukku. Barangsiapa yang berdusta atasku secara sengaja maka ia telah mengambil tempat duduk dalam neraka”. [HR Bukhâri dan Muslim]

Meski demikian, tidak kemudian ketika kita mimpi bertemu seseorang mengaku Rasulullah saw, berarti pasti beliau Rasulullah saw. setan memang tidak akan mampu menyerupai Rasulullah, namun bisa saja mengaku sebagai Rasulullah saw. Oleh karena itu, para sahabat ketika ada yang mengaku bermimpi bertemu rasulullah saw, selalu bertanya, ciri-ciri fisiknya bagaimana? Apakah ciri-ciri fisiknya seperti Rasulullah saw? Jika tidak, berarti ia bukan Rasulullah saw.

Dalam kitab Fathul Barri, Ibnu Hajar rahimahullah menyebutkan pula riwayat dari Ibnu Abbas Radhyallahu anhu yang dengan sanad yang Jayyid; Ibnu Kulaib berkata: “Aku katakan pada Ibnu Abbâs: “Aku melihat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallamdalam mimpi!” Ibnu Abbas Radhiyallahu anhu berkata: “Sebutkanlah ciri sifat-sifatnya padaku!” Ibnu Kulaib berkata : “Aku sebutkan Hasan bin Ali, lalu aku serupakan dengannya.” Ibnu Abbâs Radhiyallahu anhu berkata : “Sungguh engkau telah melihatnya”

Di antara ciri-ciri Rasulullah saw adalah sebagai berikut:

Anas Radhiyallahu anhu mengatakan:

كَانَ أَجْوَدَ النَّاسِ وَأَجْمَلَ النَّاسِ وَأَشْجَعَ النَّاسِ

Beliau adalah orang yang paling dermawan, paling tampan dan paling pemberani [HR al-Bukhâri dan Muslim]

Rasulullah Berwajah Sangat Tampan

Diriwayatkan oleh Ummu Ma’bad Al-Khuza’iyah, dirinya berkata tentang diri Rasulullah SAW, ” Beliau terlihat sangat tampan, berwajah cerah, bagus bentuk fisiknya, badannya ramping, kepalanya tegak, tampan. Kedua matanya lebar dan hitam, bulu matanya lentik, suaranya agak parau, lehernya jenjang, matanya tajam dan gelap, kedua alisnya bagaikan bulan sabit dan bersambung, rambutnya sangat hitam, apabila diam terpancar darinya kewibawaan…”

Aroma Tubuh Rasulullah Sangat Wangi

Diriwayatkan dari Abu Juhaifah, beliau berkata,”Aku pernah menggapai tangannya (Rasulullah SAW) kemudian ku letakkan pada wajahku, ternyata tangannya lebih sejuk dari embun, dan aromanya lebih wangi daripada aroma misik (kasturi).”(HR.Bukhari).

Wajah Rasulullah Selalu Bercahaya

Dari Ka’ab Bin Malik berkata,”Apabila beliau bergembira, wajahnya bercahaya sehingga terlihat seperti potongan bulan.”(HR.Bukhari).

Tubuh Rasulullah Kekar dan Telapak Tangannya Lembut

Ali Bin Abi Thalib berkata,”Beliau adalah orang yang paling bagus telapak tangannya, paling kekar dadanya, paling jujur perkataannya, paling menepati janjinya, paling lembut jiwanya, paling mulia pergaulannya….”(HR.Tirmidzi).

Wajah Rasulullah Bagaikan Bulan

Diriwayatkan Jabir Bin Samurah berkata,”Aku melihat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pada suatu malam yang cerah, aku memandang beliau, kemudian memandang bulan, beliau memakai baju merah, ternyata beliau lebih indah daripada bulan.”(HR.Tirmidzi).

Jadi, jika sekadar cahaya, atau seseorang yang orang lain mengatakan bahwa beliau adalah Rasulullah saw, maka tidak bisa dipastikan bahwa ia adalah Rasulullah saw. Karena bermimpi bertemu beliau yang sangat agung, harus tahu terlebih dahulu dengan ciri-ciri fisik beliau. Wallahu a’lam.

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

one × one =

*