Friday, September 22, 2017
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Ustadz Wawan Gunawan Abdul Wahid: Ust. Tuasikal Sedang Melakukan Taklid Tanpa Dalil

pak-wawan-300x228

 

 

Ketika banyak orang berbicara terkait dengan Ust. Abduh Tuasikal, saya jadi penasaran siapakah orang ini? Saya coba masuk ke profilenya. Subhanallah ternyata saya temukan banyak hal yang aneh.

 

Satu saja saya sampaikan. Ketika dia mengatakan bahwa Saudi mempunyai kalender tapi tidak kaku, karena kalender Saudi tadi masih bisa dikoreksi dengan rukyat. Dengan kalimatnya di atas dia sedang mencampuradukkan antara hisab yang menjadi topangan kalender dengan rukyat yang menjadi perlambatan penggunaan kalender.

 

Ketika dia katakan saudi menggunakan rukyat untuk koreksi kalender, dia seolah sedang mengatakan begini, :Sudahlah ikut Saudi saja. Ka’bah dan Mekkah ada di sana”. Dengan asumsi bahwa Saudi menjadi pusat rukyat global.

 

Ini terang terangan Tuasikal sedang melakukan taklid tanpa dalil. Karena Syeikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz pun tidak sepakat menjadikan Saudi (Mekkah) sebagai satu-satunya pusat rukyat dan menegasikan tempat lainnya.

 

Ibn Baz mengatakan :

فاما قول من قال انه ينبغ ان يكون المعتبر رأية هلال مكة خاصة فلا اصل له ولا دليل عليه

 

Adapun orang yang mengatakan bahwa yang diakui adalah rukyah hilal Mekkah, maka pendapat ini tidak ada dasas dan tidak ada dalilnya

Comments

comments

 border=
 border=

One comment

  1. Ustadz Wawan sangat sakti, bisa tahu isi pikiran org lain. Hebat sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

Open