Saturday, October 19, 2019
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Ust, Apakah Wanita Wajib Menutup Telapak Tangan Waktu Shalat?

 

Jawab

Di madzhab Syafii, bahwa telapak tangan, baik bagian punggung telapak tangan bukanlah aurat. Artinya jika seseorang shalat, sementara telapak tangannya, baik bagian telapak tangan atau punggung telapak tangan, maka shalatnya saha.

Terkait hal ini, Muhammad Al Khotib dalam kitab Al Iqna’– menyatakan bahwa aurat wanita -merdeka- adalah seluruh tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangannya, termasuk bagian punggung dan bagian telapak tangan hingga pergelangan tangan. Beliau berhujah dnegan firman Allah sebagai berikut:

وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا

Artinya: “Dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya” (QS. An Nur: 31). Yang dimaksud dari ayat menurut para ulama adalah bahwa wajah dan kedua telapak tangan. Wajah dan kedua telapak tangan bukanlah aurat. Alasannya, karena telapak tangan menjadi sebuah kebutuhan bagi hamba untuk selalu Nampak. Dalam banyak hal, terkadang sulit untuk selalu menutup telapak tangannya.

Asy Syarbini berkata, “Aurat wanita merdeka adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Termasuk telapak tangan adalah bagian punggung dan dalam telapak tangan, dari ujung jari hingga pergelangan tangan. Dalilnya adalah firman Allah Ta’ala,

وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا

Artinya: “Dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya” (QS. An Nur: 31).

Dalam kitab Fathul Qorib, Ibnu Qasim Al Ghozzi berkata, “Aurat wanita merdeka di dalam shalat adalah seluruh tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangan, termasuk dalam telapak tangan adalah bagian punggung dan dalam telapak tangan. Adapun aurat wanita merdeka di luar shalat adalah seluruh tubuhnya. Ketika sendirian aurat wanita adalah sebagaimana pria -yaitu antara pusar dan lutut-.”

======================
Bagi yang ingin wakaf tunai untuk pembangunan Pondok Modern Almuflihun, silahkan salurkan dananya ke: Bank BNI Cabang Magelang dengan no rekening: 0425335810 atas nama: Yayasan Al Muflihun Temanggung. SMS konfirmasi transfer: +201120004899

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

16 + three =

*