Monday, April 6, 2020
Artikel Terbaru
 border=
 border=

‘Umûmu’l Musytarak

gfsahjh

‘Umûmu’l musytarak adalah lafazh yang memiliki makna ganda, dan memungkinkan untuk dipakai hanya satu makna saja. Dalam hal ini terdapat perbedaan pendapat di kalangan para ulama:

  1. Makna yang terdapat dalam lafazh musytarak tidak dapat dipakai secara utuh. Maka tidak diperkenankan menggunakan seluruh makna ganda untuk memahami ungkapan kalimat, namun harus dipilih mana makna yang sesuai dengan ungkapan kalimat tersebut.
  2. Boleh, jika memungkinkan untuk digunakan semua makna. Lafazh musytarak, meskipun pada dasarnya yang dimaksudkan adalah satu makna saja, namun dibolehkan lafazh tersebut memiliki semua makna dalam satu waktu.

Contoh:

أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ يَسْجُدُ لَهُ مَن فِي السَّمَاوَاتِ وَمَن فِي الْأَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُومُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَابُّ وَكَثِيرٌ مِّنَ النَّاسِ

Artinya: “Apakah kamu tiada mengetahui, bahwa kepada Allah bersujud apa yang ada di langit, di bumi, matahari, bulan, bintang, gunung, pohon-pohonan, binatang-binatang melata dan sebagian besar daripada manusia”. (QS. Al-Hajj: 18).

 

Makna sujud (يَسْجُدُ ) adalah meletakkan kepala di atas tanah. Hal ini hanya mungkin dikerjakan manusia saja. Namun lafazh tersebut bisa berarti taat dan mengikuti kehendak Yang Maha Kuasa. Dan ini dilakukan oleh makhluk selain manusia.

  1. Boleh dengan catatan bahwa makna yang dimaksud lafazh adalah seluruh maknanya jika lafazh tersebut berada dalam ungkapan kalimat negatif, bukan positif.[1]

 

Masih ada beberapa sub pembahasan mengenai khâsh, `âm dan musytarak yang belum sempat kami paparkan. Dalam sub pembahasan di atas, juga ada beberapa bagian yang kami singgung secara sepintas saja tanpa memberikan keterangan lebih lanjut, seperti pandangan Malikiyah mengenai mukhashshash âm yang 15.

 

 

 

 

 

 

 

[1] Ibid. hal. 329-330

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

five + eighteen =

*