Tuesday, October 22, 2019
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Tanya Hadis Sunah Rasul Malam Jumat

 

Adakah ket hadits yg menerang mlm jumat sunnah rosul , untuk hub suami istri

 

Jawab:

Memang masyhur dikalangan masyarakat bahwa malam jumat disunahkan untuk menggauli istri. Nampaknya tdk ada hadis shahih yg sharih terkait permasalahan ini. Namun ada dalil yang oleh para uoama dianggap memberikan isyarat (dilalah isyarah) terkait kesunahan hubungan intim pada malam jumat.

 

Di antara ulama tsb adalah imam ahmad, imam mawawi, imam suyuti dan lainnya memang berpendapat demikian. Hal ini didasarkan dari pemahaman mereka terhadap hadis berikut:

 

مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَغَسَّلَ ، وَبَكَّرَ وَابْتَكَرَ ، وَدَنَا وَاسْتَمَعَ وَأَنْصَتَ ، كَانَ لَهُ بِكُلِّ خُطْوَةٍ يَخْطُوهَا أَجْرُ سَنَةٍ صِيَامُهَا وَقِيَامُهَا

 

Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at dan membasahi kepalanya,  lalu ia pergi di awal waktu atau ia pergi dan mendapati khutbah pertama, lalu ia mendekat pada imam, mendengar khutbah serta diam, maka setiap langkah kakinya terhitung seperti puasa dan shalat setahun.” (HR. Tirmidzi).

 

اغتسل artinya adalah mandi. Bisa dimaknai bahwa ia mandi besar. Maka ketika seseorang berhubungan intim di malam hari, bearti ia wajib untuk mandi besar.

Karena tanggal qamariyah mulai dihitung pasca matahari tenggelam, malam Jumat bearti sudah dihitung sebagai hari jumat pula.

 

Intinya, ia bukan sebuah keharusan. Jika hendak dilakukan, silahkan. Dan semoga mendapatian pahala sesuai dari mafhum isyarah dari hadis di atas. Jika tidak, juga tdk mengapa. Wallahu a’lam

 

 

===========================

Bagi yang ingin wakaf tunai untuk pembangunan Pondok Modern Almuflihun, silahkan salurkan dananya ke: Bank BNI Cabang Magelang dengan no rekening: 0425335810 atas nama: Yayasan Al Muflihun Temanggung. SMS konfirmasi transfer: +201120004899

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

4 − four =

*