Friday, September 22, 2017
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Syura Dalam Sunnah Nabi Muhammad saw

musyawarah

Sebelumnya kita telah mengkaji mengenai prinsip syura dalam al-Quran. Sekarang kita akan melihat syura seperti digambarkan sunnah Nabi Muhammad saw. Jika kita membuka kitab-kitab hadis, kita akan mendapatkan banyak sekali hadis Nabi yang berbicara tentang syura. Syura memang menjadi bagian tak terpisahkan dari sistem kehidupan umat Islam.

 

Rasulullah saw sendiri tidak hanya memberikan perintah kepada umat Islam untuk selalu mengedepankan musyawarah. Beliau juga mempraktekkan dan menjadi teladan yang baik dalam melakukan prinsip syura. Kadang beliau mempunyai pendapat tertentu, namun karena anggota musyawarah lebih cenderung untuk memilih pendapat lain, maka Rasulullah mengalah dan mengikuti pendapat jamaah.

 

Rasulullah bermusyawarah untuk mengatur strategi perang Badar, mengenai tawanan perang badar, strategi perang Ahzab, perang Khandaq, perjanjian Hudaibiyah, cara efektif untuk memanggil orang agar bisa shalat jamaah di masjid, tentang hukuman pelaku zina dan hukuman pencuri sebelum ayat tentang dua kasus tersebut diturunkan.

 

Berbagai urusan dunia yang terkait dengan maslahat kaum muslimin dan tidak ada keterangan dari wahyu, maka selalu diputuskan oleh Rasulullah saw dengan bermusyawarah terlebih dahulu kepada para sahabat.

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

Open