Thursday, December 3, 2020
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Seorang Mualaf, Apakah Dijamin Masuk Surga?

Tanya:
Assalamualaikum,maaf saya mau bertany saya memiliki pasangan non muslim yg ingin menjadi seorg muslim tapi dia ragu-ragu,dan akhirnya dia bertanya Pertanyaanny : “apakah jika seorang non muslim masuk islam(mualaf)dan dia berbuat kebaikan,dan mengikuti peraturan islam,diakhirat nnti akan dijaminkan surga tdk? Tolong dijawab y,,terimakasih. (Novia, Serang Banten)

Jawab:
Wa’alaikum salam

Bagi orang non muslim, baik kristen atau lainnya, jika ia bertaubat dan masuk islam, maka perbuatan dosa selama ia belum muslim akan dihapus. Ia mengalami kehidupan baru dan lembaran baru.

Jika ia benar-benar bertaubat, Allah akan menerima taubatnya. Dengan demikian, insya Allah menjadi sarana baginya kelak untuk mendapatkan rahmat Allah yang di antaranya akan memasukkannya ke dalam surga.

Dalil bahwa taubat tersebut akan diterima Allah adalah firman Allah berikut:

إِنَّمَا التَّوْبَةُ عَلَى اللَّهِ لِلَّذِينَ يَعْمَلُونَ السُّوءَ بِجَهَالَةٍ ثُمَّ يَتُوبُونَ مِنْ قَرِيبٍ فَأُولَٰئِكَ يَتُوبُ اللَّهُ عَلَيْهِمْ ۗ وَكَانَ اللَّهُ عَلِيمًا حَكِيمًا

Artinya: Sesungguhnya taubat di sisi Allah hanyalah taubat bagi orang-orang yang mengerjakan kejahatan lantaran kejahilan, yang kemudian mereka bertaubat dengan segera, maka mereka itulah yang diterima Allah taubatnya; dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

Taubat atas maksiat adalah kewajiban dan keharusan. Allah sendiri akan menerima setiap manusia yang bersalah dan mengakui kesalahannya dengan bertaubat, yaitu menyesali semua yang dia lakukan dan kembali kepada jalan yang benar. Hal ini sesuai dengan sabda nabi berikut:

إِنَّ اللهَ يَبْسُطُ يَدَهُ بِاللَّيْلِ لِيَتُوْبَ مُسِيئُ النَّهَارِ وَيَبْسُطُ يَدَهُ بِالنَّهَارِ لِيَتُوْبَ مُسِيئُ اللَّيْلِ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ مِنْ مَغْرِبِهَا.

“Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala selalu membuka tanganNya di waktu malam untuk menerima taubat orang yang melakukan kesalahan di siang hari, dan Allah membuka tanganNya pada siang hari untuk menerima taubat orang yang melakukan kesalahan di malam hari. Begitulah, hingga matahari terbit dari barat” (HR. Muslim)

Maka berbahagialah bagi para muallaf, non muslim yang mendapatkan hidayah Islam. Dia selamat dari panasnya api neraka. Mudah-mudahan Allah memasukkan kelak ke dalam surga. Amin.

(Ustadz Wahyudi Abdurrahim, Lc., M.M)

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

9 + fifteen =

*