Tuesday, April 24, 2018
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Sebab Penulisan Kitab Aqidatul Awam


Apa sebab beliau menulis buku ini?
Menurut Kyai Ihya Ulumuddin bahwa syaih Ahmad al-Marzuki al-Makki al-Maliki ra bermimpi bertemu dengan Rasulullah saw. Di hadapan beliau dan para sahabatnya, Rasulullah saw bersabda kepadanya, Bacalah nuzhum ilmu tauhid, yang jika orang bisa menghafalnya dapat memasukkan dirinya ke dalam surga. Ia akan mendapatkan banyak kebaikan. Nazhaman tersebut sesuai dengan quran dan sunnah”. Lalu Ahmad marzuk bertanya, “Apakah nazhaman yang engkau maksudkan itu wahai Rasulullah?: Lalu para sahat lain berata, “Dengarkanlah apa yang akan disabdakan oleh Rasulullah saw”. Lalu nabi muhammad saw bersabda,
ابدأ باسم الله والرحمن
Lalu diikuti oleh ahmad maerzuk dan dibaca sampai bait berikut:
وصحف الخليل والكليم فيها كلام الحكم العليم
Rasulullah saw mendengarkan apa yang ia baca.

Ketika syaih marzuk terbangun, ia membaca apa yang ia baca dalam mimpinya itu. Dan ia hafal dari awal bait hingga bait terakhir.

Di hari kedua, ketika ia tidur, ia kembali bermimpi bertemu dengan Rasulullah saw. Rasul berada bersama para sahabatnya dan berkata kepada syaih Marzuq, “Silahkan hafalkan apa yang telah Allah berikan kepadamu”. Lalu beliau pun menghafalnya. Setiap bait yang ia baca, para sahabat mengucapkan, Amin”. Setelah ia selesai membacanya, Rasulullah saw bersada, “Semoga Allah memberahi dan meridahimu serta seluruh umat Islam. Semoga bacaan ini bermanfaat bagi umat Islam semuanya. Amin”.

Suatu kali, penulis mendapatkan pertanyaan dari banyak orang terkait nazhamannya tersebut. Maka ia menjawab dengan menambahkan nazhaman dari baitu berikut hingga ahir:

وكل من اتب به الرسول فحقه التسليم والقبول

Lepas dari mimpi di atas, buku ini sungguh telah memberikan manfaat luar biasa bagi umat Islam. Buku ini menjadi kajian awal tentang akidah dengan bahasa yang sederhana dan bisa dipahami semua kalangan. Semoga Allah memberikan keberkahan kepada penulis dan para penuntut ilmu. Amin

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

Open