Tuesday, November 21, 2017
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Posisi Al-Mahsul Dalam Sejarah Kitab Ushul Fikih

al
Dalam sejarah ilmu ushul fikih kalam, terdapat empat buku penting  yang menggunkan metode  kalam. Empat buku tersebut menjadi rujukan para ulama karena kekuatan hujah (argumen) yang terkandung di dalamnya dalam menopang berbagai teori ushul fikih.
Buku tersebut juga memuat dialog ilmiah antar ulama kalam khususnya antara Asyariyah dengan Muktazilah. Tiap kelompok melakukan serangan dan pembelaan atas teori ushul fikih yang dijadikan sebagai landasan konstruktif dalam berijtihad. Kajian teoritis sangat mendalam dan detail. Mereka juga melakukan uji materi melalui manhaj jadal dengan mengandai jika muncul pertanyaan yang melemahkan teorinya. Lalu mereka akan menjawab dengan argumen yang dianggap paling kuat. Empat buku ushul fikih tersebut juga ditulis oleh para pakar ilmu kalam, logika dan filsafat. Tidak heran jika bahasannya sangat rasional dan filosofis sekali. Belajar ushul fikih layaknya kita sedang membaca ilmu kalam dan filsafat.
Eempat buku yang kami maksudkan adalah kitab al-Ahdu karya Qadhi Abdul Jabbar yang bermadzhab kalam Muktazilah dan fikih Syafii, al-Mu’tamad karya Husain al-Basri, murid dari Qadhi Abdul Jabbar yang juga bermadzhab kalam Muktazilah dan madzhab fikih Syafii, al-Burhan karya Imam Haramain yang bermadzhab kalam Asyariyah dan fikih Syafii, dan terahir al-Mustasfa karya imam Abu Hamid al-Ghazali yang bermadzhab kalam Asyari dan fikih Syafii.
Empat buku ushul fikih kalam tersebut lantas disarikan dan diringkas oleh imam ar Razi dalam kitab al-Mahsul.  Arrazi mencoba untuk mengambil intisari sehingga para pembaca,meski hanya baca satu kitab, naun berasa telah mengkhatamkan empat kitab sekaligus.
Umumnya, buku ushul fikih setelah al-Mahsul, merujuk pada buku ini. Banyak ulama pasca Arrazi yang melakukan komentar dan keterangan tambahan dari kitab al-Mmahsul. Ada pula para ulama yang meringkas kitab al-Mahsul sehingga lebih mudah dipahami oleh pemula.
Di antara buku yang memberikan keterangan tambahan (syarah) dari kitab al mahsul adalah
1. Al Kasyif Anil Mahsul karya syamsuddin al-Assfahani
2. Nafaisul Ushul fi Syarhil Mahsul karya Sihabuddin al-Qarrafi
Di antara buku ringkasannya adalah
1. Al-Hasil Minalahsul karya tajuddin al-Ramali
2. Tanqihul Fusul fi Ikhtisaril Mahsul karya al-Qarrafi
Maka al mahsul perlu untuk dibaca dan didalami bagi para pecinta ilmu ushul fimih. Wallahi alam.

 

================

Bagi yang ingin wakaf tunai untuk pembangunan Pondok Modern Almuflihun, silahkan salurkan dananya ke: Bank BNI Cabang Magelang dengan no rekening: 0425335810 atas nama: Yayasan Al Muflihun Temanggung. SMS konfirmasi transfer: +201120004899 web: almuflihun.com

 

 

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

Open