Thursday, December 13, 2018
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Perbedaan antara Tauqifi dengan Tsubut

Assalamualaikum.

Ust Wahyudi mau tanya, apa perbedaan Tauqify dan Tsubut? Apakah keduanya sama apa beda. Kalau beda apa bedanya?

Syukron

 

Waalaikum salam

Tauqifiy adalah segala persoalan yang ketentuannya berasal dari hokum syariat. Contoh, Shalat adalah ibadah yang sifatnya tauqifi. Maksudnya bahwa shalat meruakan ibadah yang pelaksanaannya harus berdasarkan dari wahyu. Tidak boleh membuat tata cara shalat baru, ijtihad batu yang bertentangan dengan nas.

 

Tsubut makna bahasanya adalah kepastian. Dalam ushul fikih, tusbut dibagi menjadi dua. Pertama adalah Tsubit al wurud, yaitu nas yang datangnya sifatnya pasti. Dalam ushul fikih, nas yang datangnya pasti adalah ayat al-Quran dan hadis mutawatir. Al-Quranb pasti dari Allah sementara hadis mutawatir dari rasulullah.

Kebalikannya adalah zhanni al-wurud, yaitu nas yang datangnya belum pasti dan masih butuh penelitian guna memastikan bahwa ia adalah nas. Nas tadi adalah hadis ahad.

 

 

Kedua, tsubut dilalah, yaitu melihat nas dari sisi istidlal yang maknanya sudah pasti dan tidak ada makna ganda. Contoh firman Allah

قل هو الله احد

 

Katakanlah bahwa Allah itu esa.

Kata Esa, tidak mempunyai makna lain selain satu dan tunggal. Karena maknanya hanya satu, maka ia secara dilalah disebut dengan tsubud.

 

Kebalikannya adalah makna kata yang mempunyai makna ganda seperti lafal quru’ yang punya dua makna, yaitu suci dan haid. Ini namanya zhanni dilalah. Wallahu alam

 

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

Open