Thursday, December 13, 2018
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Perbedaan Antara Ijtihad Maqashidi Dengan Ijtihad Sematik

Dalam buku “Ijtihad Semantik dalam Ushul Fikih” saya sampaikan bahwa buku tersebut merupakan buku pertama yang akan saya lanjutkan dengan buku kedua yaitu ijtihad maqashidi dalam ushul fikih. Sepintas dalam buku tersebut saya mengnai perbedaan antara ijtihad semantik dengan maqashidi.

Di antaranya perbedaan antara keduanya adalah bahwa ijtihad semantik banyak membahas tentang teks. Ijtihad semantik merupakan upaya para ulama untuk menggali berbagai kaedah ushul dengan melihat dari sisi relasi antara bahasa sebagai sebuah simbul, dengan makna yang terletak di balik simbul bahasa. Bahasa sekadar sebagai sarana, namun target dan tujuan utama yang ingin disampaikan oleh teks bahasa adalah makna dibalik bahasa itu tadi.

Bahasan dalam ijtihat semantik cukup luas, di antaranya terkait dengan huruful ma’ani, majaz, hakekat, mantuq, mafhum, dan seterusnya. Semua bahasan tadi, merupakan kesimpulan dari kajian induktif para ulama ushul terhada kaedah bahasa Arab. Hal ini karena para ulama ushul menyadari bahwa al-Quran dan sunnah nabi, tertulis dengan bahasa Arab. Maka untuk memahami keduanya tidak boleh lepas dari kaedah kebahasaan yang berlaku dalam bahasa Arab. Mereka melakukan penelitian dari kaedah bahasa Arab, kemudian diterapkan dan dikembangkan untuk kajian kitab suci al-Quran dan sunnah nabi Muhammad saw.

Makna-makna yang dihasilkan, muncul dari teori kebahasaan. Bahasa menjadi sesuatu yang hidup dan dapat berbicara dengan dirinya sendiri. Teks bahasa seakan mengajak mujtahid untuk berdialog dan menemukan makna.

Banyak cara yang dilakukan oleh mujtahid untuk menemukan makna-makna tadi, di antaranya adalah dengan makna leksikal, makna terapan suatu teks bahasa dalam konteks sosial masyarakat, makna dari hasil kombinasi antar teks bahasa, makna yang muncul karena teks menggunakan bahasa metafor, dan demikian selanjutnya.

Ijtihad semantik bersentuhan secara langsung dengan kajian teks. Oleh karena itu, ia lebih layak jika disebut sebagai kajian teks melalui teks. Ijtihad model ini merupakan upaya para mujtihid untuk menggali berbagai kesimpulan hukum yang berada di balik teks, yang kemudian diterapkan kedalam realitas kehidupan manusia.

Umumnya, kitab ushul fikih mengupas tentang teori kbahasaan ini, seperti yang tercantum dalam kitab ar-Risalah karya Imam Syafii, al-Ihkam fi Ushulil Ahkam karya Imam Amidi, al-Burhan dan al-waraqat karya Imam Haramain, al-Mankhul dan almustasfa Imam Ghazali, dan seterusnya.

Tentu saja model ijtihad seperti ini berbeda dengan ilmu ijtihad maqashidi. Ilmu maqashid lebih melihat pada konteks bahasa dan makna dengan melihat maslahat manusia. Ijtihad maqashid merupakan sepirit teks, bukan makna dibalik teks. Jika spirit sudah didapat, maka kondisi social kemasyarakatan akan menentukan atas kesimpulan hokum, yang terkadang berbeda dengan apa yang tercantum dalam teks.

Ilmu maqasid melihat bahasa sebagai pintu masuk menujuk spirit teks, dan bukan sekadar makna teks. Spirit inilah yang keudian dirangkai dan disistematiskan yang selanjutnya disebut dengan maqashid syariah, yaitu tujuan dasar Allah menurunkan wahyu.

Jika dalam ilmu semantik, perbedaan jumlah mubtada khabar, taqdim dan takhir dalam struktur kalimat, bahkan satu huruf ba saja dapat berimplikasi terhadap perbedaan ulama dalam mengambil kesimpulan hukum, berbeda dengan ilmu maqashid yang tidak menonjolkan pengaruh bahasa terhadap makna. Maqashid lebih kepada sisi maslahat seorang hamba. Ilmu maqashid meihat kehidupan realitas manusia, problem yang sedang mereka hadapi dan kemudian solusi ditarik dengan melihat pada spirit dari teks.

==================================

Bagi yang ingin wakaf tunai untuk pembangunan Pondok Modern Almuflihun, silahkan salurkan dananya ke: Bank BNI Cabang Magelang dengan no rekening: 0425335810 atas nama: Yayasan Al Muflihun Temanggung. SMS konfirmasi transfer: +201120004899

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

Open