Sunday, January 17, 2021
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Perayaan Maulid Nabi

Sebelum Islam datang, masyarakat Mekah banyak yang menyembah berhala. Mereka menamai Tuhan batu itu dengan Latta, Uzza, Manat dan lain sebagainya. Mereka mengenal Allah sebagai Tuhan pencipta langit dan bumi, namun di sisi lain, mempunyai sesembahan berhala yang dianggap punya kuasa.

Dalam kehidupan sosial, tersebar praktek perdukunan, interaksi keuangan dengan sistem riba, judi, dan terbiasa meminum khamar. Sebagian suku merasa malu, manakala dikaruniai anak perempuan. Wajah mereka menghitam, bersedih dan bahkan ada yang sampai mengubur hidup-,hidup bayi mungil perempuan itu.

Datanglah Rasulullah Saw, nabi yang diutus untuk semua alam. Nabi yang memberikan petunjuk kepada semua manusia agar menyembah Allah yang Esa. Rasulullah Saw membawa syariat Allah agar manusia tau bagaimana berinteraksi dengan Tuhan, manusia, diri sendiri, alam raya, binatang dan lainnya. Rasulullah Saw bahkan juga diutus untung bangsa jin, makhluk halus yang berada di luar jangkauan materi.

Bangsa Arab yang sebelumnya berada di pinggir peradaban dunia, berubah menjadi pusat oeradaba dunia. Persia dan Romawi, dua kerajaan adikuasa, digulung dengan kekuatan umat Islam.

Berapa bahagianya manusia dengan datangnya nabi yang mulia. Betapa senangnya manusia dengan petunjuk yang dibawanya. Rasulullah Saw membawa agama yang akan menyelamatkan manusia dunia dan akhirat.

Banyak cara manusia dalam meluapkan kegembiraan itu. Banyak hal untuk mengenang nabi junjungan. Ada yang dengan melaksanakan pengajian, membaca syair pujian, makan bersama, membaca sejarah perjuangannya dan lain sebagainya. Ya, karena kita bahagia.

Maka jadi aneh jika ada yang mempertanyakan, mengapa harus memperingati hari lahirannya? Bukannya itu tak diajarkan nabi?
Bahkan ada yang langsung mengatakan bid’ah.
Apakah dengan berbangga dengan kelahiran sang nabi, senang dengan kehadirannya, ngumpul bareng, sama sama mbaca syair pujian lantas di cap bid’ah?

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

nineteen − thirteen =

*