Saturday, July 21, 2018
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Pengertian Ilmu Bagi Ulama Kalam

Dalam ilmu kalam, bab pertama biasanya tentang ilmu. Hal ini karena ilmu adalah landasan dari sesuatu. pengetahuan yang ada dalam otak manusia, adalah ilmu. hanya saja, apa kah ilmu itu? ternyata para ulama kalam juga tidak satu suara terkait definisi ilmu itu. Hal ini, karena untuk mendefinisikan ilmu, juga membutuhkan ilmu.

Meski ilmu susah didefinisikan, namun para ulama kalam membuat beberapa definisi. Di antara definisi yang cukup sederhana adalah bahwa ilmu adalah pengetahuan. Hanya saja, pendapat ini dianggap banyak mempunyai kelemahan dan dianggap tidak komperhensif. ia tidak jami’ dan mani’. meski demikian, ia sedikit telah memberikan gambaran tentang apa itu ilmu.

Para ulama kalam membagi menjadi dua, yaitu ilmu daruri dan ilmu nazari. Yang dimaksudkan dengan ilmu daruri adalah ilmu yang didapat tanpa melalui proses berfikir secara mendalam. ia dapat diketahui dengan mudah dan bahkan secara reflek.

Contoh, orang yang makan, ia akan kenyang. Tanpa banyak berfikir, orang tau bahwa dengan makan, maka rasa lapar yang sebelumnya ia rasakan, akan hilang.
contoh lain, ketika haus, maka seseorang akan minum. atau minum air dapat menghilangkan rasa haus. Ini juga tidak membutuhkan banyak berfikir.

atau jika ada yang bertanya, di manakah langit itu? secara reflek seseorang akan menunjuk ke atas. di manakah bumi? seseorang akan menunjuk ke bawah. pengetahuan tentang di mana langit dan bumi, didapat tanpa banyak membutuhkan pemikiran. inilah yang oleh ulama kalam disebut dengan ilmu dharuri.

yang kedua adalah ilmu nazhari, yaitu pengetahuan yang membutuhkan proses berfikir. Seperti Tuhan itu satu. hitungan matematik. Kaedah dalam ilmu bahasa. Berbagai cabang ilmu pengetahuan yang berkembang dewasa ini seperti sains modern dan lain sebagainya. Semua itu, untuk mencapainya tidak mudah. Bahkan seseorang banyak yang sekolah hingga ke perguruan tinggi untuk mendapatkan ilmu ini.

Terkadang ilmu nazari juga disebut dengan ilmu kasbi (usaha). hal ini dikarenakan, karena ilmu yang didapat melalui usaha seseorang. Tanpa adanya usaha keras, ia tidak mundah untuk bisa mendapatkan ilmu itu. Terkadang ia harus mengorbankan tenaga bahkan harta benda. jadi, ia benar-benar ilmu yang didapat dengan pengorbanan dan usaha keras manusia.

======================
Bagi yang ingin wakaf tunai untuk pembangunan Pondok Modern Almuflihun, silahkan salurkan dananya ke: Bank BNI Cabang Magelang dengan no rekening: 0425335810 atas nama: Yayasan Al Muflihun Temanggung. SMS konfirmasi transfer: +201120004899

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

Open