Friday, September 22, 2017
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Muqaddimah Kitab dan Muqaddimah Ilmu

uipo
Saaddudin Tiftazani dalam kitab al-Muthawwal mengatakan bahwa ada dua istilah penting yang harus dipahami oleh santri. jika kita paham, dengan dua istilah tadi, maka dalam memahami pemikiran seseorang dalam karya tulis ilmiah akan lebih mudagh. Dua istilah itu adalah mukadiha ilmu dan mukadimah kitab.
Mukaddimah ilmu adalah prinsip-prinsip dasar yang harus diketahui oleh seorang santri sebelum mempelajai satu cabang ilmu tertentu. Mukadimah ilmu bisa dianggap sebagai kunci masuk sebelum kita belajar ilmu tertentu. Tanpa penguasaan atas mukadimah tadi, akan berakibat pada tingkat kesulitan dalam memahami terma-terma yang ada dalam sebuah cabang ilmu. Mukadimah ilmu inilah yang kemudian disebut sebagai landasan metodoligis yang digunakan oleh seorang peneliti.
Mukadimah kitab adalah kata penganantar yang umum digunakan oleh seorang penulis buku. Dalam kitab kuning, umum disebut dengan khutbatul kitab. Mukadimah buku isinya bisa lebih global, terkait dengan latarbelakang penulisan buku, tujuan penulisan, target, visi dan misi penulisan dan lain sebagainya. Mukadimah buku atau khutbatul kitab kadang juga berisi landasan metodologi sebuah karya tulis ilmiah. Jadi dalam mukadimah kitab, bisa jadi terkandung mukadimah ilmu. Namun mukadimah ilmu, tidak bisa berisikan tentang mukadimah kitab.
 Saaddudin Attiftazani adalah ulama besar yang menguasai banyak cabang ilmu, di antaranya  adalah ulama kalam, ushul, fakih, mantik, balaghah dll. Beliau lahir tahun  722 dan wafat tahun 792. Sejak ratusan tahun lalu, beliau telah mengingatkan pada para santri mengenai pentingnya menguasai metodologi penelitian sebelum seseorang masuk ke dunia riset. Pemikiran ini sudah disadari oleh ulama kita terdahulu dan pendapat mereka terdokumentasikan dengan rapi dalam karya-karya mereka. Apakah dengan bukti seperti ini kita masih menganggap bahwa turas itu kuno?

 

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

Open