Monday, April 6, 2020
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Modernisasi Masjid Al-Azhar; Upaya Peningkatan Kualitas Keilmuan

 fdfsaRevolusi Mesir memberikan angin segar bagi lembaga al-Azhar untuk meningkatkan kualitas dan pengaruhnya di dunia internasional. Pasca revolusi 25 Januari 2011, al-Azhar diberi wewenang mengelola lembaganya secara independen. Azhar lantas menghidupkan kembali Dewan Ulama Senior, yang di antara wewenangnya adalah mengangkat Imam Besar al-Azhar.
Sementara itu, beberapa waktu lalu, pengelolaan masjid Azhar kembali diserahkan ke masyikhah. Dengan demikian, secara administrasi, masyikah yang mempunyai wewenang mutlak untuk menunjuk para ulama yang akan memberikan pengajaran di masjid Azhar.

Setelah pengelolaan masjid di bawah masyikhah, mereka langsung mengadakan rapat terkait siapa yang akan mengisi pengajaran di masjid Azhar. Kemudian mengeluarkan peraturan, hanya ulama senior yang sudah bergelar profesoe saja, yang akan mengajar di masjid Azhar.

Hingga kini, tercatat lebih dari 10 ulama senior tercatat sebagai dosen di masjid Azhar. Sementara itu, para ulama yang sebelumnya mengajar di masjid Azhar dan belum bergelar professor, akan disebar di beberapa masjid dan pesantren independen (madyafah) dekat Azhar.

Langkah pengetatan terhadap pengajar di masjid, selain sebagai upaya peningkatan kualitas keilmuan, juga sebagai penyebaran ajaran Islam moderat seperti yang sering didengungkan para ulama senior.

Kemarin, (Selasa, 21/1/2014), Azhar sudah melakukan kesepakatan dengan kontraktor Bin Laden untuk mentarmim masjid azhar supaya lebih nyaman dan modern. Dengan demikian, para penuntut ilmu akan semakin nyaman belajar di dalam masjid. Ruang-ruang kelas yang ada di dalam masjid,juga akan dimodernisasikan
Semoga dengan kehadiran banyak ulama senior di masjid Azhar, semakin memajukan keilmuan Azhar. Kita sebagai santri, mudah-mudahan makin terpacu untuk menuntut ilmu di lembaga Islam Sunni tertua ini.

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

five × 4 =

*