Tuesday, June 19, 2018
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Mimpi Bertemu Nabi, Benarkah?


Sebelumnya telah kita sampaikan bahwa Syaih marquk menulis buku aqidatul awwam, setelah bermimpi bertemu dengan nabi Muhammad saw. Bahkan dalam mimpinya, rasulullah saw sendiri yang endiktikan bait-bait dalam kitab tersebut. Namun bagaimanakah sesungguhnya pandangan syariat terkait mimpi dengan Nabi Muhammad saw?

Mari kita lihat hadis-hadis berikut ini:

Mimpi bertemu nabi itu benar adanya. Hal ini sesuai dengan hadis-hadis nabi berukut ini:

أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ قَالَ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ رَآنِي فِي الْمَنَامِ فَسَيَرَانِي فِي الْيَقَظَةِ وَلَا يَتَمَثَّلُ الشَّيْطَانُ بِي قَالَ أَبُو عَبْد اللَّهِ قَالَ ابْنُ سِيرِينَ إِذَا رَآهُ فِي صُورَتِهِ

Abu Hurairah mengatakan, aku mendengar Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Barangsiapa melihatku dalam tidur, maka (seakan-akan) ia melihatku ketika terjaga, (karena) setan tidak bisa menyerupaiku.”. Abu Abdullah mengatakan, Ibnu Sirin mengatakan; ‘Maksudnya jika melihat Beliau dengan bentuk (asli) Beliau.’ (HR. Bukhari dan Ibnu Majah)

عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ رَآنِي فِي الْمَنَامِ فَقَدْ رَآنِي فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لَا يَتَخَيَّلُ بِي وَرُؤْيَا الْمُؤْمِنِ جُزْءٌ مِنْ سِتَّةٍ وَأَرْبَعِينَ جُزْءًا مِنْ النُّبُوَّةِ

Dari Anas radliallahu ‘anhu mengatakan, Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Siapa melihatku dalam mimpi, berarti ia telah melihatku, sebab setan tidak bisa menjelma sepertiku, dan mimpi seorang mukmin adalah sebagian dari empat puluh enam bagian kenabian.”. (HR. Bukhari)

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ رَآنِي فَقَدْ رَأَى الْحَقَّ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لَا يَتَكَوَّنُنِي

Dari Abu Sa’id Al Khudzri, ia mendengar Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Barangsiapa melihatku, berarti ia telah melihat yang sebenarnya, sebab setan tak bisa menjelma sepertiku.”. (HR. Bukhari)

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ رَآنِي فِي الْمَنَامِ فَقَدْ رَآنِي فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لَا يَتَمَثَّلُ بِي

Dari Abu Hurairah dia berkata; Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Barang siapa bermimpi melihatku dalam tidurnya, maka sesungguhnya dia benar-benar melihatku; karena setan itu tidak dapat menyerupai bentukku.”. (HR. Muslim)

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ رَآنِي فِي الْمَنَامِ فَقَدْ رَآنِي فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لَا يَتَمَثَّلُ بِي وَقَالَ ابْنُ فُضَيْلٍ مَرَّةً يَتَخَيَّلُ بِي فَإِنَّ رُؤْيَا الْعَبْدِ الْمُؤْمِنِ الصَّادِقَةَ الصَّالِحَةَ جُزْءٌ مِنْ سَبْعِينَ جُزْءًا مِنْ النُّبُوَّةِ

Dari Abu Hurairah, dia berkata; Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Barangsiapa melihatku di dalam mimpi sungguh dia telah melihatku (yang sebenarnya), karena sesungguhnya setan tidak bisa menyerupai aku” ~Ibnu fidloil berkata: “menghayalkan aku”~ , Sesungguhnya mimpi seorang mukmin yang benar adalah satu bagian dari tujuh puluh bagian kenabian.”. (HR. Ahmad dan At-Tirmidzi)

Dari beberapa hadis nabi di atas, dapat kita simpulkan bahwa mimpi bertemu nabi benar adanya. Terkait mimpi tentang ilmu pengetahuan seperti ini, sesungguhnya bukan hanya terjadi pada diri Syaih Marzuq. Imam Syathibi ketika usai menulis manzhumah syathibiyah juga bermimpi bertemu dengan nabi Muhammad saw dan beliau membacakan manzhumahnya di hadapan nabi. Lalu beliau minta pendpat nabi Muhammad saw. Lalu nabi bersabda, Ini penuh berkah. Siapa yang hafal, maka ia akan masuk surga”.

Hanya saja yang perlu digarisbawahi adalah bahwa dalam ushul fikih, mimpi tidak dapat dijadikan sebagai snadaran hokum fikih. Berbagai produk hokum, harus dilakukan dengan kajian mendetail dengan metodologi yang telah ditetapkan para ulama. Hal ini sesuai dengan kaedah ushul berikut ini:

الرأي لا ينبني عليها الاحكام
Mimpi seseorang tidak dapat dijadikan landasan hukum. Wallahu a’lam

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

Open