Wednesday, February 26, 2020
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Menguatkan Gerakan Kultural Jamaah Muhammadiyah

gfsah

Muhammaduyah adalah organisasi modern. Salah satu indikasinya adalah sistem organisasi dan keanggotaann yang sangat rapi. Jarang organisasi keislaman yang mempunyai sistem administrasi serapi Muhammariyah. Tentu ini sangat bagus dan layak untuk jadi percontohan.

Sistem organisasi moderm ini menuntut segala sesuatu yang dilakukan oleh Muhammadiyah, harus sesuai dengan administrasi organisasi. Dengan demikian, sekecil apapun tindakan yang dilakukan oleh organisasi dapat dipertanggunhjawabkan secara akurat dihadapan jamaah Muhammadiyah.

Jamaah Muhammadiyah sendiri sangat benyak. Potensi jamah juga beragam sehingga struktur organisasi tidak memungkinkan untuk menyerap semuanya. Sangat disayangkan jika potensi besar itu kemudian dibiarkan tanpa ada pemberdayaan maksimal. Padahal jika diberdayakan, akan memberikan sumbang sih yang cukup signifikan ke persyarikatan.

Dari sini perlu didorong gerakan kultural Muhammadiyah. Gerakan ini bergerak demi Muhammadiyah, namun tidak melalui struktur organisasi. Ia merupakan kumpulan jamaah Muhammadiyah yang mempunyai niatan untuk mengembangkan Muhammadiyah sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki.

 

Gerakan kultural ini punya kelebihan, yaitu bisa bergerak gesit dan dinamis tanpa ada sekat birokrasi. Pertanggungjawabannya pun terbatas, tidak ke seluruh jamaah Muhammadiyah. Gerakan kultural bisa bergerak di ranah media, keilmuan, kewirausahaan, dan lain sebagainya.  Gerakan kultural menjadi pelengkap dari gerakan struktural yang sudah berjalan sejak awal. Keduanya dapat berjalan seiring sejalan.

Apajah gerakan kuktural mrmbahayakan? Tentu saja tidak. Ia tidak akan menyedot energi Muhammadiyah. Ia juga tidak akan menambah beban tambahan bagi Muhammadiyah. Ia hanya gerakan pelengkap dan upaya mengumpulkan potensi yang berserakan di luar struktur.

 
Sesungguhnya gerakan kultural ini sudah ada, seperti group fb Islam berkemajoean, web sangpencerah, MWN, Islam aktual, Jaringan Intelektual Muda muhammadiyah, kajian markaz ushuli, Wiramuda, pesantren kader dan lain sebagainya. Semoga ke depan makin banyak gerakan kultural ini yang akan memperkaya gerakan dakwah Muhammadiyah.

 

 

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

eleven − two =

*