Friday, July 28, 2017
Artikel Terbaru
 border=

Mengapa Tidak Alfiyah Binti Malik?

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

 

Seri Kajian Ilmu :

Jamaah D1 :
Assalamu alaikum. Mau tanya ust. Mengapa sering kita menyatakan, Alfiyah Ibni Malik, dan bukan Alfiyah binti Malik? Syukran.

🏻Ustadz Wahyu Lc.:
Saya jawab ya. Ini terkait dengan bahasa Arab. Dalam bahasa arab sering kita jumpai kata atau kalimat yang dibuang dengan tujuan tertentu, di antaranya ketika kata-kata tersebut sudah bisa dipahami, sulit di lidah, untuk menyamarkan subyek dan lain sebagainya.

Bagaimana kita tau bahwa suatu kata atau kalimat ada yang dibuang?
1⃣Dari konteks dan struktur bahasa.
2⃣Dengan dzauq kebahasaan.
3⃣Makna kalimat
Dengan tiga modal itu, kita bisa menelisik mengenai ada tidaknya kata atau kalimat terbuang itu.

📚 Untuk Afiyah Ibni Malik, di sini juga ada kata yang terbuang, yaitu “li”. Asli kalimatnya adalah “Alfiyah Li Ibni Malik” yang artinya, kitab Alfiyah karangan Ibnu Malik. Jadi, li sebagai huruf jar yang bermakna “milik” ditiadakan dengan alasan sudah masyhur dan mafhum.

🍄 Beda halnya ketika yang kita maksudkan adalah Alfiyah adalah nama seorang perempuan anak dari Pak Malik. Di sini, maka yang digunakan adalah Alfiyah Binti Malik. Ini juga yang disebut dengan konteks kalimat itu tadi. Wallahu a’lam.

➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Ctt redaksi: bagi yg belum begitu akrab dg kitab, maka Alfiyah Ibni Malik adalah nama judul suatu kitab Nahwu. Berisikan 1000 bait puisi terkait grammer dalam bahasa arab.

〰〰〰〰〰
🔜 Raih pahala. Sebarkan
Ikuti kajian lainnya….gabung bersama kami 🏻

Tim Sang Pencerah
🆔 Website: sangpencerahDOTcom
Fanspage FB : websiteSangPencerah
🌐 Twitter : @SangPencerahWeb
▶ Chanel Telegram : kajiansangpencerah
📧 Email : websangpencerah@gmail.com

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>