Saturday, November 18, 2017
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Mengapa Ilmu Kalam Klasik?

1374706201Dalam tulisan terdahulu, saya pernah menyinggung mengenai para ulama kontemporer yang membela akidah Islam dengan ilmu kalam. Selain itu, saya juga mengulas sekilas mengenai rekonstruksi ilmu kalam.
Jika pembahasan ilmu kalam harus direkonstruksi, lantas untuk apa mempelajari ilmu kalam klasik? Mengapa dalam blog ini saya justru membahas panjang lebar secara berseri terkait dengan ilmu kalam klasik?

Jawabannya sederhana. Sebelum merekonstrulsi bangunan ilmu kalam, terlebih dahulu kita harus mengetahui secara baik mengenai wujud asli bangunan kalam tersebut. Dengan demikian, kita akan mengetahui mana yang layak untuk dibiarkan, mana yang hanya perlu mendapat polesan dan mana bagian yang memang harus diganti.

Selain itu, kajian kalam di tanah air dengan bahasa Indonesia masih sangat minim. Jarang ulama nusantara saat ini yang menulis buku ilmu kalam secara komperhensif. Jika ada, umumnya hanya berupa pemetaan dan pengantar menuju ilmu kalam, bukan bahasan kajian ilmu kalam.

Dari sini, maka mempelajari ilmu kalam klasik menjadi penting. Penulisan ilmu kalam klasik dengan bahasa Indonesia ini juga sebagai upaya menyebarkan pengetahuan kalam, terutama yang beraliran Asyari ke masyarakat. Apalagi memang masyarakat Indonesia secara umum mengikuti mazhab kalam Asyariy. Meski demikian, banyak dari pengikut mazhab Asyari itu yang hanya sekadar mendengar nama sang imam, namun tidak mengetahui secara baik mengenai kandungan pemikiran mazhab Asyari. Beda halnya dengan fikih Syafii yang ajarannya begitu dikenal luas oleh masyarakat.

 

Ilmu kalam di tanah air memang kurang populer, beda dengan ilmu keislaman lainnya seperti ilmu hadis, tafsir, ulumul quran , fikih dan lain-lain. Bahkan buku terjemahan tenang ilmu kalam pun, sangat minim. Meski ilmu kalam sangat berpengaruh terhadap pergerakan umat, namun kajian kalam belum mendapatkan tempat yang semestinya. Wallahu a’lam

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

Open