Wednesday, February 26, 2020
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Lanjutan Macam-macam Dalil; Bagian Kedua

downloaddsa
Bagian kedua ini, tatkala had al-awsad berada di posisi mahmul, baik ia berada di posisi mukadimah sughra ataupun mukadimah kubra.
Konklusi dari model dalil seperti ini baru benar, manakala memenuhi syarat sebagai berikut:
1. Antara mukadiah sugra dan kubra harus berbeda, baik secara positif atau negatif. Jika mukadimah kubra dan sugra semuanya positif, atau semuanya negatif, maka konklusi yang dihasilkan akan salah.
2. Mukadimah kubra harus kulli

Bagian kedua ini mempunyai 4 bentuk:
1. Mukadimah sugra dan kubra bersifat kulli, dan mukadimah kubranya berbentuk negatif. Contoh: Semua manusia adalah binatang. Tidak ada batu yang binatang. Jadi tida ada manusia batu.
2. Kedua mukadimah berbentuk kulli, dan mukadimah sughra berbentuk negatif. Contoh, Tidak ada manusia itu kuda. Semua yang meringkik pasti kuda. Jadi, tidak ada manusia yang meringkik.
3. Shugra juz’iy positif dan kubra kulli positif. Contoh: Sebagian hewan adalah manusia. Batu sama sekali bukan manusia. Jadi sebagian hewan bukanlah batu
4. Shugra juz’iy negatif dan kubra kulli positif. Contoh: Sebagian hewan bukan manusia. Setiap yang berbicara adalah manusia. Jadi, sebagian hewan tidak bicara.

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

11 + 13 =

*