Tuesday, December 12, 2017
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Konser Shalawat Di Asrama Putra Universitas Al-Azhar


Malam ini, saya berkesempatan menghadiri peringatan maulid nabi yang diselenggarakan oleh organisasi mahasiswa al azhar. Acara dimulai dari pukul 19.00 hingga 21.00 Waktu Cairo di asrama putra al azhar.

Dalam acara tersebut dibagikan majalah tengah bulanan, “Azhariyun Alal Manhaj”, yang berisikan tulisan para santri al azhar. Tema yang diangkat cukup menarik, dan umumnya counter atas pemikiran menyimpang yang menyerang Islam dari kalangan pemikir orientalis.

Dalam sambutannya, panitia menyampaikan sejarah rasul dengan bait-bait syiir yang sangat memukai. Ia juga menyampaikan ketakjuban para tokoh dunia yang non muslim terhadap keagungan kanjeng nabi Muhammad saw.seperti halnya astrofisikawan Michael H. Hart yang menganggap nabi Muhammad saw sebagai tokoh nomor wahid paling berpengaruh di dunia.

Lalu sambutan rektor azhar, yang menyampaikan keagungan rasul dan peran al-Azhar di kancah global. Acara dilanjutkan dengan konser shalawat oleh Mustafa Qamar, salah seorang munsyid yang cukup ternama. Ia Mustafa Qamar merupakan santri azhar yang memiliki group shalawat modern dan sudah konser di berbagai negara. Ia juga sering ke Indonesia. menurut ceritanya, sudah 6 kali lawatan. Shalawat yang beliau bawakan, khas dengan lagu shalawat yang umum disenandungkan oleh para santri di pondok pesantren tanah air, seperti lagu khairul bariyah, qamarun dan lainnya.

Nampaknya ia belajar shalawat dari pesantren Indonesia. ia juga cinta sekali dengan Indonesia. Dalam shalawatnya, selau diselipkan senandung terjemahan bahasa Indonesia.

Al azhar sebagai benteng suni memang tidak mengharamkan musik religi. Al azhar dengan keklasikannya, tetap gaul dan mampu masuk ke ranah remaja dan pemuda dengan nasyid religi yang enerjik. Bagi azhar, nyanyian tidak selalu identik dengan kejahilan, namun bisa dikemas dan menjadi sarana dakwah bagi umat Islam. Dan terbukti, malam ini semua terpukau dan meresapi dengan seni islami yang sangat indah dan menarik. Penonton dibawa tenggelam ke dalam kegembiraan kelahiran Nabi junjungan. Wallahu a’lam

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

Open