Wednesday, February 26, 2020
Artikel Terbaru
 border=
 border=

K.H Anang Rikza Masyhadi; Potensi Wakaf Di Jakarta Saja, Bisa Mencapai 20 Milyar/bulan  

 

 

9QAb1dW4
Wakaf merupakan  instrumen keuangan Islam yang tertinggi yang dikenal dlm agama (terkait dengan ibadah) di atas zakat dan infaq. Karena struktur keuangan tertinggi, maka dampak kebaikannya akan sangat tinggi dan pengelolaannyapun memliki cara main dan keyakinan yang tinggi.2. Penghimpunan wakaf masih sangat kecil (dibandingkan potensinya), menunjukan saat ini perhatian dan keyakinan umat Islam dalam pengelolaan wakaf masih sangat lemah.

  1. Lahan wakaf strategis di Indonesia berjumlah 4 milyar m2. Khusus di lokasi strategis dapat dibangun office, mall dan property, dengan tanpa menghilangkan fungsi tempat ibadah dan tujuan wakaf. Saat ini sadang proses pengelolaan 3 lokasi wakaf di Jakarta, Gd Provera Office Tower Yayasan Raudatul Mutaalimin, Office Ruislag Yayasan Baitul muhlisin Kuningan, Super Blok Tanah Abang Yayasan Said Naum dengan  total investasi sebesar USD 65 juta. Manfaat dana yang bisa disalurkan dari pengelolaan 3 lokasi wakaf di Jakarta akan diberikan manfaatnya kepada mauquf alaih diperkirakan dapat berjumlah 20 Milyar/bulan disalurkan untuk pengelolaan sosial pendidikan, sosial ekonomi, sosial kesehatan, dan sosial kemanusiaan.
  2. Dalam bidang keuangan, system kuangan negara saat ini masih mengikuti mekanisme pasar (rezim bunga tinggi) sehingga usaha mikro yang pendapatannya di bawah bunga bank saat ini sulit untuk bertahan lama, apalagi berkembang, sehingga perlu diintervensi melalui alternatif keuangan yang murah dan berlimpah (yaitu wakaf). Dengan adanya dana wakaf yang bersumber hasil pengelolaan/investasi wakaf, maka diharapkan dapat untuk membantu usaha mikro (sebagai mauquf alaih).
  3. Keberadaan Bank Wakaf yang diinisiasi ICMI menjadi instrumen keuangan penting untuk menjawab persoalan keuangan yang lebih murah dan memberikan dampak pembangunan ekonomi umat Islam.

 

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

fifteen + five =

*