Monday, September 21, 2020
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Jumlah Nabi dan Rasul (Bagian 3)

Setiap bangsa telah Allah utus seorang utusa. Hal ini untuk memberikan petunjuk kepada mereka agar mereka mengetahui hak dan kewajiban mereka sebagai seorang hamba. Kelak tidak ada lagi alasan bagi mereka untuk menentang Tuhan karena beralasan belum di utus nabi.
Allah berfirman:
وَإِنْ مِنْ أُمَّةٍ إِلَّا خَلَا فِيهَا نَذِيرٌ
“Tidak ada satupun umat, melainkan di lingkungan mereka telah ada sang pemberi peringatan.” (QS. Fathir: 24)
Hanya terkadang ada orang yang hidup di suatu wilayah tertentu yang ia belum pernah mendengar risalah kenabian. Terkait hal ini Allah berfirman:
وَمَا كُنَّا مُعَذِّبِينَ حَتَّى نَبْعَثَ رَسُولًا
“Aku tidak akan memberi siksaan, sampai Aku mengutus seorang rasul.” (QS. Al-Isra: 15)

Sebagian dari nabi dan rasul telah disebutkan dalam al Qur’an. Namun banyak dari kisah mereka yang tidak disebutkan. Hanya Allah yang tau pasti jumlah mereka.

Karena bangsa bangsa di dunia sangat banyak, maka para utusan Allah juga sangat banyak

Allah berfirman dalam surat al-Nisa’ ayat 164:

وَرُسُلا قَدْ قَصَصْنَاهُمْ عَلَيْكَ مِنْ قَبْلُ وَرُسُلا لَمْ نَقْصُصْهُمْ عَلَيْكَ وَكَلَّمَ اللَّهُ مُوسَى تَكْلِيمًا

Artinya:

“Dan (kami telah mengutus) Rasul-rasul yang sungguh telah Kami kisahkan tentang mereka kepadamu dahulu, dan Rasul-rasul yang tidak Kami kisahkan tentang mereka kepadamu. dan Allah telah berbicara kepada Musa dengan langsung.”

Dalam tafsir Ibnu Katsir diterangkan, bahwa para ulama berbeda pendapat mengenai jumlah Nabi dan Rasul. Dan pendapat yang masyhur jumlah Nabi adalah 124.000, dan jumlah Rasul adalah 313.

Dalam sebuah Abu Dzar Ra, beliau pernah bertanya kepada Nabi Muhammad saw, “Wahai Rasulullah, berapakah jumlah rasul?” Beliau menjawab:

ثلاثمائة وبضعة عشر جمّاً غفيرا
“Sekitar tiga ratus belasan orang. Banyak sekali.” (HR. Baihaqi).
Dalam riwayat lain ditegaskan: “315 orang.”
Dalam riwayat Abu Umamah, bahwa Abu Dzar bertanya kepada Nabi SSa, “Berapa jumlah persis para nabi.” Beliau menjawab:
مِائَةُ أَلْفٍ وَأَرْبَعَةٌ وَعِشْرُونَ أَلْفًا الرُّسُلُ مِنْ ذَلِكَ ثَلَاثُ مِائَةٍ وَخَمْسَةَ عَشَرَ جَمًّا غَفِيرًا
“Jumlah para nabi 124.000 orang, 315 diantara mereka adalah rasul. Banyak sekali.” (HR. Ahmad )

 

Sementara yang masyhur dan namadnama mereka adarada dalam al Qur’an setidaknya ada 25 nabi, yaitu:

Dalam ilmu tauhid sering dikenalkan nama-nama 25 Nabi dan Rasul. Ke-25 orang tersebut adalah manusia orang yang diangkat oleh Allah menjadi Nabi sekaligus Rasul, dan disebutkan dalam al-Qur’an. Nama ke-25 Nabi dan Rasul tersebut adalah: Nabi Adam; Nabi Idris; Nabi Nuh; Nabi Hud; Nabi Soleh; Nabi Ibrahim; Nabi Luth; Nabi Isma’il; Nabi Ishaq;  Nabi Ya’qub;  Nabi Yusuf; Nabi Ayyub; Nabi Syu’aib; Nabi Harun; Nabi Musa; Nabi Ilyasa; Nabi Dzulkifli; Nabi Dawud; Nabi Sulaiman; Nabi Ilyas;  Nabi Yunus; Nabi Zakaria; Nabi Yahya; Nabi Isa; Nabi Muhammad.

 

—++—-+——–

Bagi yang ingin wakaf tunai untuk pembangunan pesantren Almuflihun yang diasuh oleh ust. Wahyudi Sarju Abdurrahmim, silahkan salurkan dananya ke: Bank BNI Cabang Magelang dengan no rekening: 0425335810 atas nama: Yayasan Al Muflihun Temanggung. SMS konfirmasi transfer: +201120004899

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

6 − 5 =

*