Saturday, July 4, 2020
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Jumlah Malaikat (Bagian 3)

Sebagaimana telah disampaikan bahwa malaikat merupakan makhluk Allah yang berakal dan diciptakan dari cahaya. Malaikat mempunyai mandat untuk melaksanakan segala perintah Allah SWT dan tidak pernah membangkang atas segala perintah Allah.

Namun tahukah Anda berapakah jumlah malaikat sejak mereka diciptakan hingga hari ini? Apakah malaikat dapat dihitung sebagaimana hitungan manusia atau mahluk lainnya? Apakah adaketerangan dari mas yang mengatakan mengenai jumlah pasti malaikat?

Imam Al-Hafidz Imam As-Suyuthi didalam kitabnya Ad-Dur Al-Matsur saat menerangkan mengenai surat Al Qadar,, beliau menerangkan dengan menukil beberapa hadist Rasulullah saat beliau menafsirkan surat Al-Qadar ayat ke-4.

Telah dikeluarkan oleh Athayyalisu dan Ahmad, dan Ibnu Marduyah daripada Abu Hurairah, dari Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, “Beliau telah berkata bahwasanya ayat Filaylatil Qadr bahwasanya itu terjadi pada malam yang ketujuh atau malam ke 29, sesungguhnya malaikat pada malam itu di bumi lebih banyak (jumlahya) daripada hitungan batu kerikil.”

Telah dikeluarkan oleh Muhammad bin Nasr dari jalan Abi Maymun daripada Abu Hurairah telah berkata, “Bahwasanya Al-Qadr itu sungguh pada malam ke-7 atau ke-9, dan malaikat di dalamnya lebih banyak jumlahnya daripada hitungan bintang langit.”

Dari penjelasan Rasulullah di atas dapatlah kita ketahui, sesungguhnya malaikat itu faktanya sangatlah banyak. Ketika Rasulullah berkata “sesungguhnya malaikat pada malam itu di bumi lebih banyak (jumlahya) daripada hitungan batu kerikil”, keterangan ini hanya sebatas pada jumlah yang ada dibumi saja, belumlah terhitung jumlah malaikat yang ada dilangit, dalam surga, neraka, lalu jumlah pengikut dan pembantu dari setiap malaikat besar seperti Malaikat Jibril, malaikat Israfil, Malaikat Izrail yang sesungguhnya malaikat-malaikat ini memiliki pembantu yang diberikan oleh Allah SWT.

dalam Al Qur’an, Allah swt berfirman:
وَمَا أَدْرَاكَ مَا سَقَرُ . لَا تُبْقِي وَلَا تَذَرُ . لَوَّاحَةٌ لِلْبَشَرِ . عَلَيْهَا تِسْعَةَ عَشَرَ
Tahukah kamu apakah (neraka) Saqar itu? Saqar itu tidak meninggalkan dan tidak membiarkan. (Neraka Saqar) adalah pembakar kulit manusia. Dan di atasnya ada sembilan belas (malaikat penjaga). (QS. Al-Muddatsir: 27 – 30)
Ketika turun ayat ini, Abu Jahal bekomentar,
أما لمحمد من الجنود إلا تسعة عشر
“Muhammad tidak memiliki pasukan kecuali 19 orang.”
Nampak sekali sikap Abu Jahal yang merendahkan dan meremehkan nabi Muhammad saw. Meski kebenaran sudah berada di hadapannya, ia tetap membangkang dan bersikap congkak.
Menanggapi sikap Abujahal yang merendahkan itu, Allah menurunkan ayat berikutnya yang menceritakan penjaga neraka. Di akhir ayat Allah menegaskan,
وَمَا يَعْلَمُ جُنُودَ رَبِّكَ إِلَّا هُوَ وَمَا هِيَ إِلَّا ذِكْرَى لِلْبَشَرِ
“Tidak ada yang tahu berapa jumlah pasukan Tuhanmu kecuali Dia. Saqar itu tiada lain hanyalah peringatan bagi manusia.” (QS. Al-Muddatsir: 31).
Ayat ini menyangkal sikap lancang Abu Jahal dan menggambarkan bahwa jumlah tentara Allah, yaitu para malaikat sangatlah banyak. Tidak ada yang tau jumlah pastinya selain Allah.
Ketika menafsirkan ayat ini, Al-Qurthubi mengatakan,
وما يدري عدد ملائكة ربك الذين خلقهم لتعذيب أهل النار إلا هو أي إلا الله جل ثناؤه
Tidak ada yang tahu jumlah Malaikat Tuhanmu, yang Dia ciptakan untuk menyiksa penghuni neraka kecuali Dia, yaitu Allah Ta’ala. (Tafsir Al-Qurthubi, 19/82).
Mengenai jumlah Malaikat juga disebutkan dalam hadis berikut:
Dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِنِّي أَرَى مَا لَا تَرَوْنَ، وَأَسْمَعُ مَا لَا تَسْمَعُونَ أَطَّتِ السَّمَاءُ، وَحُقَّ لَهَا أَنْ تَئِطَّ مَا فِيهَا مَوْضِعُ أَرْبَعِ أَصَابِعَ إِلَّا وَمَلَكٌ وَاضِعٌ جَبْهَتَهُ سَاجِدًا لِلَّهِ، وَاللَّهِ لَوْ تَعْلَمُونَ مَا أَعْلَمُ لَضَحِكْتُمْ قَلِيلًا وَلَبَكَيْتُمْ كَثِيرًا
“Sesungguhnya aku melihat apa yang tidak kalian lihat, aku mendengar sesuatu yang tidak kalian dengar. Langit merintih… dan layak baginya untuk merintih. Tidak ada satu ruang selebar 4 jari, kecuali di sana ada malaikat yang sedang meletakkan dahinya, bersujud kepada Allah. Demi Allah, andaikan kalian mengetahui apa yang aku ketahui, niscaya kalian akan sedikit tertawa dan sering menangis…” (HR. Ahmad, Turmudzi dan Abdurrazaq).
Masyaallah. Kita tidak bisa membayangkan betapa banyak jumlah malaikat Allah. Tentu malaikat sangat banyak dan hanyalah Allah yang tau berapa jumlah mereka. Tugas mereka, di antaranya adalah bertasbih dan mengagungkan kebesaran Allah.
Mengenai jumlah malaikat juga disebutkan dalam hadis berikut:
Ketika dinaikkan ke langit (kejadian mi’raj), Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat banyak hal luar biasa. Diantaranya adalah baitul ma’mur. Beliau menceritakan,
فَرُفِعَ لِي البَيْتُ المَعْمُورُ، فَسَأَلْتُ جِبْرِيلَ، فَقَالَ: هَذَا البَيْتُ المَعْمُورُ يُصَلِّي فِيهِ كُلَّ يَوْمٍ سَبْعُونَ أَلْفَ مَلَكٍ، إِذَا خَرَجُوا لَمْ يَعُودُوا إِلَيْهِ آخِرَ مَا عَلَيْهِمْ
Kemudian ditunjukkan kepadaku baitul ma’mur. Akupun bertanya kepada Jibril, beliau menjawab, ‘Ini Baitul Ma’mur, setiap hari ada 70.000 malaikat yang shalat di dalamnya. Setelah mereka keluar, mereka tidak akan kembali lagi, dan itu menjadi kesempatan terakhir baginya.‘ (HR. Bukhari, Muslim dan, Nasai).
Ayat-ayat ap Qur’an Dan hadits-hadis Nabi Di atas menjelaskan bahwa jumlah malaikat sangatlah banyak. Manusia tidak ada yang tau seberapa jumlahnya. Jumlah malaikat me jadi rahasia Allah dan hanyalah Allah yang mengetahui. Wallahu a’lam

—++—-+——–

Bagi yang ingin wakaf tunai untuk pembangunan pesantren Almuflihun yang diasuh oleh ust. Wahyudi Sarju Abdurrahmim, silahkan salurkan dananya ke: Bank BNI Cabang Magelang dengan no rekening: 0425335810 atas nama: Yayasan Al Muflihun Temanggung. SMS konfirmasi transfer: +201120004899

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

7 + nine =

*