Saturday, October 19, 2019
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Jarak Waktu Azan Dan Iqamah

Di tempat kami, waktu subuh ibu-ibu suka ngomel karena qamat dianggap kecepetan. sesungguhnya jarak adzan dan iqamah itu, idealnya berapa lama ya?

 

Jawab:

Tujuan daripada adzan adalah untuk memanggil orang agar shalat berjamaah bersama di masjid. Maka antara azdan dan iqamah, harus ada jeda yang sekiranya dapat mengumpulkan orang tersebut. Dalam sebuahbhadis dikatakan:

اجْعَلْ بَيْنَ أَذَانِكَ وَإِقَامَتِكَ نَفَسًا قَدْرَ مَا يَقْضِي الْمُعْتَصِرُ حَاجَتَهُ فِي مَهْلٍ , وَ قَدْرَ مَا يَفْرُغُ الْآكِلُ مِنْ طَعَامِهِ فِي مَهْلٍ

Jadikanlah antara adzanmu dengan iqâmahmu kelonggaran seukuran mu’tashir (orang buang hajat) menyelesaikan hajatnya dengan tenang, dan seukuran orang yang sedang makan selesai dari makannya dengan tenang!” [HR. At-Tirmidzi)

Selain itu, seseorang akan berjakan ke masjid, lalu shalat tahyatul masjid atau shalat sunah lainnya sepertinhadis berikut:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مُغَفَّلٍ الْمُزَنِيِّ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ بَيْنَ كُلِّ أَذَانَيْنِ صَلَاةٌ ثَلَاثًا لِمَنْ شَاءَ

Dari Abdullah bin Mughaffal al-Muzani, bahwa Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Antara setiap dua adzan (yang dimaksudkan dua adzan adalah adzan dan iqomah) ada shalat” Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengucapkan tiga kali bagi orang yang menghendaki”. [HR. Al-Bukhâri).

Jika kita kalkukasi, maka jarak adzan dan iqamah kisaran 20 menit. Dengan demikian, jamaah tidak terburu-buru dan dapat shakat jamaah dengan tenang. Wallahu a’lam

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

eleven − six =

*