Saturday, August 18, 2018
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Istiqra Dalam Kajian Ilmu Maqashid

dsah

Istiqra adalah kesimpulan atau rumusan teori (kaedah) yang diambil setelah dilakukan penelitian atas semua atau sebagan elemen. Jika penelitian dilakukan kepada semua sampel, disebut dengan istiqra am, namun jika penelitian hanya sebagian dari sampel, disebut dengan istiqra naqis. Istiqra, dalam teori riset modern bisa disebut dengan istilah kajian induktif.

Dalam ilmu ushul fikih, termasuk di dalamnya kajian ilmu maqashid, umum digunakan kajian induktif ini. Para mujtahidin akan melihat seluruh atau sebagain teks terkait persoalan tertentu, untuk kemudian dilakukan penelitian, kemudian akan diambil suatu kesimpulan. Hanya saja, ia baru menjadi sebuah kaedah baku, manakala telah dilakukan beberapa kali ekperimen dan ternyata menghadilkan satu kesimpulan yang sama. Dari sana lantas akan dibuat kaedah ushuliyyah. Kaedah yang sudah dibentuk, bisa diterapkan ke berbagai macam kasus yang mempunya persoalan serupa.

Menurut Imam Syathibi bahwa istiqra merupakan motode yang sangat penting sebagai sarana untuk membuat kaidah ushul dalam ilmu maqashid. Kesimpulan kaedah ilmu maqashid syariah yang terbagi menjadi tiga bagian yaitu daruriyat, hajiyat dan tahsiniyat, juga merupakan hasil dari penelitian Imam Syathibi terdahap kajian teks secara induktif. Kesimpulan itu beliau tuangkan dalam kitab al-Muwafaqat. Secara jelas, dalam kitab tersebut beliau menyatakan sebagai berikut, “Tujuan dari diturunkannya hukum syariat untuk mejaga tiga hal penting, yaitu terkait dengan urusan yang bersifat daruriyat, hajiyat dan tahsiniyat”. Tidak hanya Imam Syathibi, para ulama lain yang mengkaji ilmu maqashid, seperti Imam Ibnu Taimiyah juga selalu menyinggung system istiqra (kajian induktif) sebagai bagian tak terpisahkan untuk membuat rumusan ilmu maqashid.

=====
Mengingatkan —- Bagi yang ingin wakaf tunai untuk pembangunan Pondok Modern Almuflihun, silahkan salurkan dananya ke: Bank BNI Cabang Magelang dengan no rekening: 0425335810 atas nama: Yayasan Al Muflihun Temanggung. SMS konfirmasi transfer: +201120004899

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

Open