Tuesday, October 16, 2018
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Hukum Wanita Ke Masjid

Ustz. apakah wanita boleh pergi ke masjid untuk melaksanakan shalat jamaah atau menghadiri majelis ilmu?
Jawab:
Para ulama kontemporer seperti Dr. yusuf Qaradhawi, SYaih Muhammad Ghazali, Syaih Shalih Fauzan dan lainnya menyatakan bahwa wanita boleh untuk pergi ke masjid baik untuk mengikuti shalat jamaah atau untuk menuntut ilmu. Dalil yang dijadikan pijakan adalah firman Allah sebagai berikut:

(( مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ ))
Artinya :
“Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan”.(An Nahl: 97)

Ayat di atas menunjukkan bahwa laki-laki dan perempuan dalam beramal shalih mempunyai posisi yang sama. Tidak ada perbedaan atau bias gender yang menyebabkan laki-laki dalam beramal baik lebih unggul dari perempuan. Karena semua makhluk di hadapan Allah adalah sama. Hanya takwa yang membedakan derajat mereka.
يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَى وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ
“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling taqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (QS. Al Hujurat: 13)

Terkait bolehnya wanita pergi ke masjid juga dikuatkan oleh hadis rasulullah saw sebagai berikut:
لاَ تَمْنَعُوا نِسَاءَكُمُ الْمَسَاجِدَ إِذَا اسْتَأْذَنَّكُمْ إِلَيْهَا
ASrtinya: Janganlah kalian menghalangi istri-istri kalian untuk ke masjid. Jika mereka meminta izin pada kalian maka izinkanlah dia.” (HR. Muslim).
Sabda Rasulullah saw berikut:

“لا تمنعوا إماء الله مساجد الله وبيوتهن خير لهن وليخرجن تفلات”

Artinya: Janganlah kalian cegah hamba-hamba Allah yang perempuan untuk mendatangi masjid-masjid Allah, dan rumah-rumah mereka itu lebih baik bagi mereka dan jika hendak keluar menuju masjid hendaknya tidak memakai wewangian.” (HR. Abu Dawud)

Hadis di atas menyatakan bahwa Rasulullah saw memerintahkan kepada kita untuk tidak melarnag para wanita pergi ke masjid. Hanya saja, ada catatan yaitu agar mereka tidak memakai wewangian berlebihan sehingga meninggalkan aroma. Hal ini juga sesuai dengan sabda nabi berikut ini:

أَيُّمَا امْرَأَةٍ اسْتَعْطَرَتْ فَمَرَّتْ عَلَى قَوْمٍ لِيَجِدُوا مِنْ رِيحِهَا فَهِيَ زَانِيَةٌ
Artinya: “Seorang perempuan yang mengenakan wewangian lalu melalui sekumpulan laki-laki agar mereka mencium bau harum yang dia pakai maka perempuan tersebut adalah seorang pelacur.” (HR. An-Nasa’I dan Tirmidzi)

Dalam buku Qadhayal Mar’ah, Syaih Muhammad Ghazali menyatakan bahwa aneh jika ada wanita tidak boleh pergi ke masjid. Menurutnya, jika para wanita boleh pergi ke pasar untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, atau pergi ke berbagai tempat sesuai dengan kebutuhannya, sangat aneh jika hendak pergi ke masjid justru dilarang dengan lasan dapat menimbukan fitnah. Menurutnya, bahwa pada zaman Rasulullah saw, para sahabiyat selalu pergi ke masjid, baik untuk melaksanakan shalat jamaah atau untuk menghadiri majelsi ilmu. Hal ini dibuktikan dengan penataan shaf bagi seorang wanita, yaitu paling belakang.
وَخَيْرُ صُفُوْفِ النِّسَاءِ آخِرُهَا
“Sebaik-baiknya shaf wanita (dalam shalat) adalah shaf paling belakang”
Hal ini, agar usai shalat jamaah atau majelis ilmu, mereka dapat keluar masjid terlebih dahulu. Juga untuk menjaga pandangan laki-laki agar tidak tertuju kepada kaum hawa.
Jadi, silahkan jika hendak pergi ke masjid untuk shalat berjamaah atau menghadiri majelis ilmu. Wallahu a’lam

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

Open