Saturday, October 19, 2019
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Hukum Takbir Zawaid Dalam Shalat Id

Mohon dijelaskan Pak Ustadz, dengan dilampirkan hisbah & tarjih dalilnya yg kuat & shahih, tentang pelaksanaan takbir zawa’ied, pada sholat Ie’d ul Fitri & Ie’d ul Adha, apakah di roka’at pertama 7 kali takbir & raka’at kedua 5 kali takbir, dengan mengangkat tangan ataukah tidak mengangkat tangan pada pelaksanaan takbir yg 7 & 5 kali tsb. ? Atau apakah di roka’at 1 & 2 hanya pake satu kali takbir saja. Atau apakah kedua-dua nya cara takbir zawa’ied tsb bisa diamalkan, karena memang Rosulallah SAW pernah mencontohkan kedua cara takbir tsb (at-tanawu). Demikian pertanyaan saya, terimakasih atas jawabannya.

 

Takbir zawaid adalah takbir tambahan selain takbiratul ihram yang dilaksanakan pada shalat idul fitri atau idul adha. Pada rekaat pertama takbir zawaid berjumlah tujuh takbir, sementara pada rekaat kedua sebanyak lima takbiran.  Keberadaan takbir zawaid berdasarkan hadis berikut:

أن النبي صلى الله عليه وسلم كبر في العيدين في الأولى سبعاً قبل القراءة، وفي الثانية خمساً قبل القراءة

“Sesungguhnya Nabi Saw. berktakbir saat melakukan salat Idul Fitri dan Idul Adha pada rakaat pertama sebanyak tujuh kali sebelum membaca Alfatihah dan pada rakaat kedua sebanyak lima kali sebelum membaca Alfatihah.” (HR. Tirmidzi)

Ulama Syafiiyah mengatakan bahwa takbir zawaid dilakukan setelah membaca doa Iftitah dan sebelum membaca surah Alfatihah pada rakaat pertama, sementara pada rakaat kedua dilakukan setelah bangun untuk rakaat kedua dan sebelum membaca Alfatihah.

Jumhur ulama dari kalangan madzhab Syafii, Hanafi dan Hambali berpendapat bahwa dalam takbir zawaid tersebut, dianjurkan untuk mengangkat tangan dalam setiap takbir. Kecuali madzhab Imam Ahmad yang berpendapat bahwa takbir zawaid tidak perlu angkat tangan, karena ia dilakukan di tengah-tengah shalat.

Yang harus digarisbawahi bahwa takbir zawaid adalah sunnah. Jika ada seseorang yang melaksanakan shalat idul fitri atau idul adha tidak melakukan takbir zawaid, atau sekadar takbiratul ihram lalu membaca fatihah, maka shalatnya sah. Jika seseorang lupa tidak melaksanakan takbir zawaid, tidak perlu sujud sahwi dan shalatnya sah. Wallahu a’lam

=========
Bagi yang hendak wakaf tunai untuk pembangunan Pondok Modern Almuflihun yang diasuh oleh Ustadz Wahyudi Abdurrahim, Lc., M.M, silahkan salurkan dananya ke: Bank BNI Cabang Magelang dengan no rekening: 0425335810 atas nama: Yayasan Al Muflihun Temanggung. SMS konfirmasi transfer: +20112000489

Dapatkan berbagai konten islami di aplikasi Tanya Jawab Agama yang dapat didownload di PlayStore:https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aridzon.tanyajawabagama

Comments

Comments

 comments

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

nine + two =

*