Monday, September 16, 2019
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Hukum Nabung Emas

al

Di pegadaian konvensional maupun syariah, ada program tabungan emas. Kita buka rekening emas. buka saldo minimal 0.1gr = 50rban. trus klo mw nabung min. 0.01gr. jd saldo bukan berupa uang tp jumlah gram emas. riba ga?

 

Ust. Wahyudi Abdurrahim, Lc

Riba merupakan penambahan-penambahan yang disyaratkan oleh orang yang memiliki harta kepada orang yang meminjam hartanya baik berupa uangnya atau barang, karena pengunduran janji pembayaran oleh peminjam dari waktu yang telah ditentukan.  Riba diharamkan oleh syariah dengan nas berikut:


الَّذِينَ يَأْكُلُونَ الرِّبَا لا يَقُومُونَ إِلا كَمَا يَقُومُ الَّذِي يَتَخَبَّطُهُ الشَّيْطَانُ مِنَ الْمَسِّ ذَلِكَ بِأَنَّهُمْ قَالُوا إِنَّمَا الْبَيْعُ مِثْلُ الرِّبَا وَأَحَلَّ اللَّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا فَمَنْ جَاءَهُ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّهِ فَانْتَهَى فَلَهُ مَا سَلَفَ وَأَمْرُهُ إِلَى اللَّهِ وَمَنْ عَادَ فَأُولَئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ 

Artinya: orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), Sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), Maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. orang yang kembali (mengambil riba), Maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya (QS. Al Baqarah [2]: 275).

Menabung sendiri, sekadar mengumpulkan harta untuk jangka tertentu. Menabung bisa dilakukan tiap individu atau dititipkan di bank.  Menabung dibolehkan oleh syariat selama tidak ada unsure riba.  Jadi, menabung emas seperti pertanyaan di atas, dibolehkan asalkan tidak ada penambahan barang/uang karena jangka waktu tertentu yang menjadi keuntungan nasabah. Jika sudah ada keuntungan, itu bearti bunga bank yang masuk dalam riba yang diharamkan. Wallahu a’lam.

 

======================
Bagi yang ingin wakaf tunai untuk pembangunan Pondok Modern Almuflihun, silahkan salurkan dananya ke: Bank BNI Cabang Magelang dengan no rekening: 0425335810 atas nama: Yayasan Al Muflihun Temanggung. SMS konfirmasi transfer: +201120004899

Comments

comments

 border=
 border=

One comment

  1. Enggak selalu beruntung kadang rugi jika pas beli harganya lebih lebih Mahal Dari pada pas Kita jual

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

four × 3 =

*