Tuesday, September 17, 2019
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Hubungan Akal dengan Jauhar

atom2Jika yang dimaksud adalah hubungan akal dan jauhar secara umum, maka tidak ada. Akal independen dan jauhar independen. Karen yang dimaksud akal disini bukan otak, namun hal lain yang bersifat abstrak. Sementara otak adalah kumpulan jauhar. Mengenai hubungan akal dengan otak akan dibahas kemudian. Mengenai letak proses berfikir bisa dilihat tulisan sebelumnya.

Akal jugaa bukan a’raad karena orang bsa disbut berakal meski tidak mempunyai seluruh arad
(Murajaah: a’rad adalah semacam sifat yang melekat pda jauhar (atom) dan keberadaannya bergantung pada jauhar)
Jika akal hanya sebagian dari a’rad, maka bisa jadi arad tsb adalah ilmu atau bukan. Tidak bsa diterima jika a’rad disini bukan ilmu, karena orang yang tidak tau apa2 nanti bsa disebut berakal
Jika semua ilmu ilmu, juga mustahil, karena manusia tetap disebut berakal meski tidak ada yang menguasai seluruh ilmu pengetahuan
Jika berkaitan dengan ilmu daruri, juga tidak mungkin karena orang bsa sj disebut berakal meski tidak tau sebagian dri ilmu daruri

Imam Amidi memilih akal sebagai: sebagian dari ilmu daruri. Maksudnya, jika seseorang tidak memiliki sebagian dari ilmu daruri, maka dia tidak dapat disebut sebagai orang yang berakal.
Contoh: orang yang tidak mengetahui bahwa diam dan gerak dapat disatukan. Ada dan tiada tidak dapat disatukan (tidak mungkin suatu benda ada, tapi disatu sisi juga tidak ada)

Karena kalau seluruh ilmu daruri tidak mungkin orang hanya menguasai sebagian ilmu daruri juga disebut berakal.
(Sekadar tambahan, filsuf menganggap akal sbagai jauhar, karena mereka membagi jauhar menjadi dua: jauhar latif dan katsif dan jauhar latif sifatnya abstrak spt akal, ruh. Jauhar katsif yang bersifat nyata dan materi).
Contoh benda-benda yang mrupakan kumpulan dari jauhar
Al-Amidi juga menyebut akal sebagai: ilmu daruri yang dimiliki manusia setelah panca inderanya sempurna dan tidak dimiliki oleh hewan.

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

three × 2 =

*