Tuesday, November 13, 2018
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Hubungan Akal Dengan Jauhar

 

Jika kita baca Himpunan Putusan Tarjih BAB Iman, kita akan menemukan kalimat berikut ini:

اَمَّا بَعْدُ فَاِنَّ الفِرْقَةَ النَّاجِيَةَ (1 (مِنَ السَّلَفِ اَجْمَعُوا عَلَى الإِعْتِقَادِ بِأَنَّ العَالَمَ آُلَّهُ حَادِثٌ خَلَقَهُ االلهُ مِنَ العَدَمِ وَهُوَ اَىِ العَالَمُ) قَابِلٌ لِلفَنَاءِ (2 (وَعَلَى اّنَّ النَّظْرَ فِى الكَوْنِ لِمَعْرِفَةِ االلهِ وَاجِبٌ شَرْعًا (3 (وَهَا نَحْنُ نَشْرَعُ فِى بَيَانِ اُصُولِ العَقَائِدِ الصَّحِيْحَةِ.
Kemudian dari pada itu, maka kalangan ummat yang terdahulu, yakni mereka yang terjamin keselamatannya (1), mereka telah sependapat atas keyakinan bahwa seluruh ‘alam seluruhnya mengalami masa permulaan, dijadikan oleh Allah dari ketidak-adaan dan mempunyai sifat akan punah (2). Mereka berpendapat bahwa memperdalam pengetahuan tentang ‘alam untuk mendapat pengertian tentang Allah, adalah wajib menurut ajaran Agama (3). Dan demikianlah maka kita hendak mulai menerangkan pokok-pokok kepercayaan yang benar.
Yang harus digarisbawahi adalah kata مَعْرِفَةِ  dari kalimat ungkapanberikut ini:
وَعَلَى اّنَّ النَّظْرَ فِى الكَوْنِ لِمَعْرِفَةِ االلهِ وَاجِبٌ شَرْعًا
Dam bahwa an-Nazhar atas alam raya untuk mengetahui Allah hukumnya wajib sesuai syariat.

 

Sebagaimana kami sampaikan sebelumnya bahwa untukmelakukan nazhar, dibutuhkan akal. Akal sendiri sifatnya abstak. Akal menjadi sarana seseorang untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Bahkan sebagian ulama menganggap bahwa akal adalah ilmu itu sendiri.

 

Adakah hubungan antara akal dengan jauhar (atom)? Akal yang sifatnya abstrak itu, oleh para ulama kalam tidak dapat disebut dengan jauhar. Hal ini karena jauhar sifatnya adalah sesuatu yang materi, sementara akal inmateri. Jauhar kasat mata, sementara akal sifatnya abstrak. Bagi ulama kalam, jauhar atau atom adalah pecahan terkecil dari sebuah benda. Susunan atom, akan membentuk sebuah benda. Atom sifatnya materi, sementara akal sifatnya non materi. Menganggap akal sebagai atom, sama artinya menyamakan antara akal dengan benda-benda materi lainnya.

 

Jadi tidak ada hubungan sama sekali antara akal dengan jauhar. Tentu ini berbeda dengan para filsuf yang menganggap bahwa sesuatu yang abstrakpun disebut dengan jauhar, sehingga akal dianggap sebagai jauhar.

 

Perlu dibedakan antara akal dengan otak manusia. Otak adalah materi yang terdiri dari jutaan sel. Ia berada dalam tempurung kepala manusia. Otak sebagai sebuah benda, dianggap sebagai susunan atau kumpulan dari atom atau jauhar.

====================
Bagi yang ingin wakaf tunai untuk pembangunan Pondok Modern Almuflihun, silahkan salurkan dananya ke: Bank BNI Cabang Magelang dengan no rekening: 0425335810 atas nama: Yayasan Al Muflihun Temanggung. SMS konfirmasi transfer: +201120004899

 

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

Open