Wednesday, February 26, 2020
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Bukti Tuhan Itu Ada Menurut Mutakallimun

gfsahhhr

 

Sebelumnya sudah saya sampaikan mengenai bukti keberadaan Tuhan perspektif para filsuf. Kemudian argumen tadi mendapatkan bantahan dari para mutakallimun karena dianggap mempunyai banyak kelemahan. Sekarang kita akan membahas mengenai bukti keberadaan Tuhan perspektif  para ulama kalam.
Seperti yang saya sampaikan sebelumnya bahwa titik tolak penolakan para mutakallimun terletak pada pemahaman mereka seputar benda, yang menurut mereka bisa dibelah hingga tak terbatas, meski hanya dalam dunia ide saja. Pemahaman ini sekaligus menjadi bukti bahwa pengetahuan dan kekuasaan Tuhan tidak terbatas, baik terkait dengan pengetahuan masa lalu maupun masa sekarang, baik terkait kekuasaan Tuhan atas ciptaan-Nya, maupun sesuatu yang akan diciptakan.

 

Dari sini, lantas mereka menggunakan argumen lain untuk membuktikan keberadaan Tuhan, di antaranya adalah:

1) Mutakallimun menggunakan argumen illat ma’lul. Artinya bahwa setiap sesuatu yang wujud, untuk mewujudkannya tentu karena faktor lain. Faktor lain tadi bisa wujud, juga karena adanya faktor yang lainnya dan demikian seterusnya. Menurut para ulama kalam bahwa tidak mungkin sesuatu yang wujud, karena faktor lain dan terus menyambung hingga tak terbatas (asalsus). Dengan kata lain, bahwa wujud benda, akan berakhir kepada wujud mutlak yang tidak didahului keberadaannya oleh wujud yang lainnya. Ia memang harus wujud. Ia adalah wajibul wujud. Ia adalah Tuhan Yang Maha Pencitpta.

2). Sebelumnya terkait illat ma’lul mendapatkan kritikan oleh para filsuf. Menurut mereka sangat dimungkinkan ada sesutu yang tidak terbatas. Buktinya adalah deretan angka. Angka-angka tadi, dari satu, dua,tiga, empat dan seterusnya jika dederetkan akan maka akan sampai hitungan tak terbatas. Ini artinya bahwa illat malul ada sisi kelemahan. Kenyataannya, ada sesuatu yang bertambah tanpa batas.

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

three × five =

*