Monday, January 20, 2020
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Bolehkah Membaca Al-Qur’an yang Tidak Menggunakan Huruf Arab?

Tanya:
A.kum..saya is dah berumur 43 tahun..tidak pandai mengaji alquran..kerana buta huruf..tulisan jawi langsung tidak tahu..soalannya blh atau tidak saya membaca alquran tulisannya rumi..bahasa melay..saya dah katham alquran dah 5 kali..saya habis membacanya..blh atau tidak jika saya teruskan baca quran dgn rumi.. (Muhamad Iskandar Bin Ibrahim, Johor)

Jawab:
Wa’alaikum salam

Membaca al-Quran dianjurkan oleh Allah dan mendapatkan pahala yang sangat besar sebagaimana firman Allah berikut:

{الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَنْ تَبُورَ (29) لِيُوَفِّيَهُمْ أُجُورَهُمْ وَيَزِيدَهُمْ مِنْ فَضْلِهِ إِنَّهُ غَفُورٌ شَكُورٌ (30)}

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. “Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30).

Membaca al-Quran, tiap hurufnya berpahala, apalagi jika membaca sampai satu ayat, satu surat dan seterusnya. Hal ini sesuai sabda Rasulullah saw berikut ini:

عَنْ عَبْد اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ رضى الله عنه يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

“Abdullah bin Mas’ud ra berkata: “Rasulullah saw bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi).

Orang yang selalu membaca al-Quran, bersamanya para malaikat. Kehidupannya akan terjaga. Hal ini sesuai dengan sabda nabi berikut:

عَنْ عَائِشَةَ رضى الله عنها قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « الْمَاهِرُ بِالْقُرْآنِ مَعَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ الْبَرَرَةِ وَالَّذِى يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أَجْرَانِ »

“Aisyah ra meriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda: “Seorang yang lancar membaca Al Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al Quran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala” (HR. Muslim).

JIka anda tidak bisa membaca tulisan arab, tidak mengapa anda membaca al-Quran dengan tulisan melayu. Silahkan lanjutkan dan anda insya Allah akan tetap mendapatkan pahala. Kesulitan anda tersebut, akan mendapatkan dua pahala sebagaimana hadis di atas.

Hanya saja saya menganjurkan agar anda belajar kepada orang yang bisa mengaji. Adapun umur anda yang sudah tua, tidak menghalangi anda untuk tetap belajar karena sesungguhnya perintah belajar adalah sejak lahir hingga ajal menjemput.  Belajar juga akan mempermudah perjalanan anda menuju surga sebagaimana sabda nabi berikut:

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ بِهِ طَرِيْقًا إِلَى
الْجَنَّةِ

Artinya : ”Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari suatu ilmu. Niscaya Allah memudahkannya ke jalan menuju surga”. (HR. Turmudzi)

Semoga Allah memberikan istiqamah dalam hidup Anda untuk selalu membaca al-Quran dan belajar menuntut ilmu. Semoga Allah memberikan banyak pahala pada diri Anda. Wallahu a’lam.

(Ustadz Wahyudi Abdurrahim, Lc., M.M)

===

Sisihkan harta untuk membangun istana Anda di surga dengan berwakaf untuk Pondok pesantren Almuflihun  ke: Bank BNI Cabang Magelang dengan no rekening: 0425335810 atas nama: Yayasan Al Muflihun Temanggung. SMS konfirmasi transfer: +20112000489

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

4 × two =

*