Tuesday, August 4, 2020
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Benarkah Doa Orang Hamil Dikabulkan?

Tanya:
Assalamualaikum
Apakah betul doa orang yang hamil itu dikabulkan?

Jawab:
Wa’alaikum salam

Allah perintahkan kepada semua hambanya untuk berdoa. Apapun yang kita minta dari suatu kebaikan, insya Allah terkabulkan.
Firman Allah:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, Maka (jawablah), bahwasanya aku adalah dekat. aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (QS. Al-Baqarah : 186).

Tatkala berdoa, berdoalah dengan sepenuh hati dan ikhlas. Kita tunduk dan pasrah sepenuhnya kepada Allah. Rasulullah Saw bersabda:

ادْعُوا اللَّهَ وَأَنْتُمْ مُوقِنُونَ بِالإِجَابَةِ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ لاَ يَسْتَجِيبُ دُعَاءً مِنْ قَلْبٍ غَافِلٍ لاَهٍ

Maksudnya: Berdoalah kamu semua kepada Allah dalam keadaan kamu yakin ia akan dimustajabkan. Dan ketahuilah bahawa sesungguhnya Allah tidak akan memustajabkan doa dari jiwa yang lalai lagi alpa. (HR. Tirmizi)

Di antara doa yang terkabulkan adalah doanya orang yang dalam kondisi kesulitan. Hal ini sebagaimana firman Allah berikut:

أَمَّنْ يُجِيبُ الْمُضْطَرَّ إِذَا دَعَاهُ

Artinya: Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila dia berdoa kepada-Nya (melainkan Allah). (QS. Al-Naml: 62).

Orang hamil, penuh dengan kepayahan dan kesulitan. Maka tatkala berdoa, insya Allah dikabulkan doanya. Wallahu a’lam.

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

1 × two =

*