Wednesday, June 20, 2018
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Bapak Haji Sayyidi; Ilmu Dapat Mengangkat Derajat Manusia

20141214_030200

Sewaktu pulang ke tanah air, saya bersilaturrahmi ke rumah mertua. Saya banyak berbincang-bincnag dengan ayah mertua saya, Bapak Haji Sayyidi. Beliau hanya lulus SR (Sekolah Rakyat), sekolahan pada zaman Belanda. Meski demikian, semangat untuk menuntut ilmu perlu diacungi jempol. Beliau bertemankan para kyai. Menurutnya, ilmu yang ia dapatkan banyak berasal dari mendengar ceramah dan nasihat para kyai. Memang benar perkataan para hukama, bahwa berteman dengan penjual minyak wangi, kita akan kedapatan bau harumnya.  Beliau ini adalah bukti nyata. Banyak kata mutiara yang beliau smapaikan. Berikut ini di antara nasihat yang sangat bermanfaat bagi kita semua.

 

Ilmu merupakan komponen terpenting bagi kehidupan umat manusia. Dengan ilmu, manusia bisa mengemban amanah sebagai khalifah di muka bumi. Dengan ilmu, manusia dapat membangun peradaban dunia. Dengan ilmu pula, manusia diangkat derajatnya di alam raya ini. Malaikat dan jin bahkan diperintahkan untuk bersujud kepada Nabi Adam lantaran beliau mempunyai ilmu pengetahuan.

 

Menurut Bapak Haji Sayyidi, seorang hendaklah mengedepankan ilmu dari apapun juga. Menurutnya, hendaklah manusia selalu melihat ke atas jika berkaitan dengan ilmu pengetahuan. Sebaliknya, ketika melihat materi dan harta benda, hendaklah manusia melihat ke bawah. Manusia boleh iri terhadap orang yang berilmu. Ia berusaha dan bercita-cita agar bisa mempuhnyai ilmu seperti yang dimiliki oleh orang lain. Namun tidak sepantasnya manusia iri dengan kekayaan harta benda orang lain. Harta dunia yang tidak didasari oleh ilmu pengetahuan, tidak akan memberikan barakah. Harta benda itu, justru bisa menyengsarakan dirinya sendiri.

 

Terkait pentingnya ilmu ini, ada kisah menarik yang disampaikan oleh Bapak Haji Sayyidi. Menurut beliau, Nabi Sulaiman pernah ditawari oleh Allah untuk memilih satu dari tiga hal, pertama ilmu, kedua harta, dan ketiga jabatan. Dengan jawaban tanpa ragu, Nabi Sulaiman memilih ilmu.

 

Jawaban Nabi Sulaiman sangat tepat. Dengan ilmu, ternyata Nabi Sulaiman mendapatkan jabatan dan harta benda. Nabi Sulaiman menjadi raja bagi Bani Israel. Untuk harta benda, Nabi Sulaiman menjadi orang terkaya di zamannya.  Semua itu didapatkan, karena beliau mempunyai ilmu pengetahuan.

 

Menurut Bapak Haji Sayyidi, bahwa ilmu pengetahuan akan dapat menjaga manusia. Ilmu akan dapat menjaga harta dan jabatan. Namun sebaliknya, harta dan jabatan itu, tidak ada jaminan berlangsung lama jika dipegang oleh orang yang tidak berilmu.

 

 

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

Open