Tuesday, April 7, 2020
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Banjir Informasi dan Fitnah Akhir Zaman

fsaj4

 

Luar biasa banjir informasi melalui media sosial. Bak air bah, informasi bisa tumpah kemana-mana. Sulit sekali membedakan informasi yang benar dan yang salah. Bahkan sebuah kesalahan serasa benar karena pemberitaan yang masif dan berulang.

 

Banyak orang yang sengaja memotong sebuah informasi. Tujuannya jelas, untuk mengelabuhi pembaca dan demi kepentingan subyektif.  Bukan hanya berita, gambar ataupun video bisa dia pototng dan diedit sedemikian rupa seakan gambar dan informasi tersebut serasa benar adanya. Dengan sangat cepat, “kebohongan” yang sengaja dibuat, menyebar secara berantai ke berbagai arah.

 

Hal ini diperparah dengan kondisi umat yang sudah tidak lagi selektif dalam memilih informasi. Bahkan kita gampang sekali mengirim ulang informasi yang kita dapat tanpa mengetahui kebenaran berita tadi. apalagi jika informasi baik berupa potongan berita, video atau gambar itu sesuai dengan apa yang kita yakini, maka dengan “reflek” kita menjadi duta kedua untuk membantu menyebarkannya ke orang lain.  Bahkan terkadang kita menambahi dengan memberikan komentar yang tidak etis baik dengan penghinaan, cemoon atau merendahkan.

 

Mencaci, menghina, merendahkan, menyebarkan aib orang dan seabrek perbuatan negative lainnya seakan menjadi makanan kita sehari-hari. Kita serasa tidak punya beban untuk terlibat dalam perbuatan terlarang itu, padahal semua perbuatan manusia kelak akan dipertanggungjawabkan.:
وَلا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولا

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.” (QS. Al-Isra: 36)

 

 

Tabayyun sebagaimana perintah al-Quran sudah tidak diindahkan lagi. Kehati-hatian dalam menyampaikan informasi sudah sirna. Akibatnya adalah fitnah dan kegaduhan di sana-sini. Jika sudah demikian, maka yang rugi adalah umat Islam sendiri. Kita mengadu-domba diri kita sendiri. Kita merapuhkan ukhuwah Islamiyah dengan tangan-tangan kita sendiri.  Atau inikah fitnah akhir zaman. Wallahu a’lam.

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

6 + sixteen =

*