Saturday, July 4, 2020
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Bagaimana Meningkatkan Aspek Spiritual?

Tanya:
Selama ini Muhammadiyah dianggap kering dalam aspek spiritual, apakah ada kebiasaan2 baik untuk meningkatkan aspek spiritual ini? Terimakasih. (T. Abdul Jalil, Bogor)

Jawab:
Wa’alaikum salam

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan spiritualitas diri, di antaranya adalah dengan melaksanakan ibadah Sunnah seperti shalat Sunnah, misal shalat rawatib, shalat tahajjud dan witir, dan lainnya. Juga menjalankan  puasa Sunnah, misal puasa Senin Kamis, puasa Syawwal, atau puasa Daud dan lain sebagainya.

Bisa juga dengan banyak membaca Al Qur’an, karena bacaan Al Quran mempunyai keutamaan yang luar biasa.

Firman Allah:

يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَنْ تَبُورَ (29) لِيُوَفِّيَهُمْ أُجُورَهُمْ وَيَزِيدَهُمْ مِنْ فَضْلِهِ إِنَّهُ غَفُورٌ شَكُورٌ (30)}

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. “Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30).

Atau bisa dengan banyak berdzikir dan berdoa. Firman Allah:

وَاذْكُرُوا اللهَ كَثِيرَاً لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

“Dan berdzikirlah pada Allah sebanyak-banyaknya supaya kamu beruntung.” (QS. Al-Jumu’ah: 10)

وَالذَّاكِرِينَ اللَّهَ كَثِيرًا وَالذَّاكِرَاتِ أَعَدَّ اللَّهُ لَهُمْ مَغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا

“Laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (QS. Al-Ahzab: 35).

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا (41) وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلًا (42)

“Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang.” (QS. Al-Ahzab: 41-42).

Perbanyaklah baca istigfar, tasbih, tahmid dan tahlil. Membaca bismillah dan berdoa ketika hendak melakukan setiap aktivitas. Semua amalan-amalan tadi dapat meningkatkan spiritualitas individu. Wallahu a’lam.

Ustadz Wahyudi Abdurrahim, Lc., M.M)

++++++

Telah dibuka Pendaftaran Pondok Pesantren Modern Almuflihun Putra.

Formulir pendaftaran sebagai berikut:
https://bit.ly/3d9LaR0

Kontak: 0813-9278-8570

Bagi yang ingin wakaf tunai untuk pembangunan pesantren Almuflihun yang diasuh oleh ust. Wahyudi Sarju Abdurrahmim, silahkan salurkan dananya ke: Bank BNI Cabang Magelang dengan no rekening: 0425335810 atas nama: Yayasan Al Muflihun Temanggung. SMS konfirmasi transfer: +201120004899

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

20 − 9 =

*