Monday, September 21, 2020
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Ayah Zina, Apakah Boleh Menikahi Anak Perempuannya?

Assalamu alaikum

Ustadz. boleh gk ayah dari anak zina menikahi anak hasil zinanya. Karena ad yg berpendapat jika anak zina lahir tidak boleh pake bin ayah nya. Dan tidak berhak mendapat warisan.

 

Waalaikum salam

Menurut jumhur ulama dari madzhab Hanafi, Maliki dan Hambali bahwa ayah dari anak perempuan hasil zina, diharamkan menikahi anak perempuan zinanya. Hal ini karena masih ada darah ayah yang mengalir di dalam diri anak perempuannya tersebut, meskipun secara nasab anak hasil zina tidak dikembalikan atau tidak dinasabkan kepada ayah.

Terkait larangan pernikahan ayah kepada anak perempuan zinanya berdasarkan kepada firman Allah berkut:

حُرِّمَتْ عَلَيْكُمْ أُمَّهَاتُكُمْ

Diharamkan bagimu (menikahi) ibu-ibumu dan anak-anak perempuanmu”.

Namun menurut madzhab Syafii, ayah tersebut boleh menikahi anak perempuan hasil zina. Hal ini karena anak tersebut kehilangan nasab kepada ayahnya. Anak tidak dapat mendapatkan waris dari ayah biologisnya dan juga ayah biologis tadi tidak dapat menjadi wali nikah. Bagi madzhab Syafii, dianggap anak jika berdasarkan kepada pernikahan yang sah. Hal ini sesuai dengan hadis nabi berikut:

الولد للفرا

Artinya bahwa anak merupakan hasil dari pernikahan yang sah. Sementara anak zina bukan dari pernikahan yang sah. Wallahu a’lam

 

=======================
Bagi yang ingin wakaf tunai untuk pembangunan Pondok Modern Almuflihun, silahkan salurkan dananya ke: Bank BNI Cabang Magelang dengan no rekening: 0425335810 atas nama: Yayasan Al Muflihun Temanggung. SMS konfirmasi transfer: +201120004899

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

twenty − 11 =

*