Sunday, January 17, 2021
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Ayah Wajib Menafkahi Anaknya, Meski Sudah Cerai Dengan Istrinya

 

Salam

Sutasdzm apa hukum orang tua yang sudah menceraikan istrinya dan dia merasa tidak punya kewajiban lagi untuk menafkahi anaknya?

 

Waalaikum salam

Orang tua, atau ayah, mempunyai kewajiban untuk menafkahi anaknya, meskipun ia telah cerai dengan istrinya. Hal ini sebagaimana firman Allah berikut ini:

وَعَلَى الْمَوْلُودِ لَهُ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ

Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada anak yang dilahirkan dengan cara ma’ruf. (QS. Al-Baqarah ; 233)

Juga sabda nabi Muhammad saw berikut ini:

 

أمرَ النَّبيُّ صلَّى اللَّهُ علَيهِ وسلَّمَ بالصَّدقةِ ، فقالَ رجلٌ : يا رسولَ اللَّهِ ، عِندي دينارٌ ، فقالَ : تصدَّق بِهِ على نفسِكَ ، قالَ : عِندي آخرُ ، قالَ : تصدَّق بِهِ على ولدِكَ ، قالَ : عندي آخرُ ، قالَ : تصدَّق بِهِ على زوجتِكَ أو قالَ : زوجِكَ ، قالَ : عندي آخرُ ، قالَ : تصدَّق بِهِ على خادمِكَ ، قالَ : عندي آخرُ ، قالَ : أنتَ أبصَرُ

“Dari Abi Hurairah RA mengatakan, “Datang seorang laki-laki kepada Nabi seraya bertanya : Wahai Rasulullah saya mempunyai dinar?” Rasul menjawab, ‘Buatlah nafkah untuk dirimu’. Ia mengatakan saya mempunyai yang lain? Rasul menjawab, ‘Buatlah untuk nafkah anakmu.’ Dia mengatakan, ‘Saya mempunyai yang lain?’ Dia mengatakan, ‘Buatlah untuk nafkah keluargamu.’ Dia mengatakan, ‘Saya mempunyai yang lain?’ Rasul menjawab, ‘Buatlah untuk nafkah pembantumu.’ Dia mengatakan, ‘Saya mempunyai yang lain?’ Rasul menjawab,  ‘Anda lebih mengetahui.’ (HR Ibnu Hibban).

 

Jadi perceraian tidak bearti bahwa kewajibannya kepada anak gugur. Kewajiban itu tetap melekat pada ayahnya karena anak tetap bernasab kepada ayahnya meskipun ia bercerai dengan istrinya. Anak tetap bagian dari darah daging sang ayah. Wallahu a’lam

 

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

two × four =

*