Tuesday, October 16, 2018
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Apakah Zakat Harus Lewat Amil?


Ust, di tempat saya, ada kelompok yang mewajibkan zakat melalui amil. Kalau g lewat amil, dinggap tidak sah. Benar g us?

Jawab:
Jika ada amil zakat yang legal, memang baiknya zakat lewat amil agar distribusi zakat lebih tepat sasaran dan lebih terprogarm. Jangan sampai ada zakat yang diberikan pada orang tertentu saja, sehingga satu orang mendapat banyak, sementara ada orang lain yang tidak dapat. Umumnya, yang tau data secara lebih akurat adalah badan zakat.
Terkait zakat lewat amil ini, sesuai dengan firman Allah:

Yang artinya: Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. (QS. At-Taubah :103)
Kata Ambillah ditujukan kepada ulil amri yang menugaskan amil zakat.
Hanya saja, jika zakat kita sampaikan secara langsung kepada fakir miskin, juga tidak mengapa. Zakat tetap sah. Hal ini sesuai dengan keumuman berbagai ayat al-Quran berikut:
فَإِنْ تَابُوا وَأَقَامُوا الصَّلاةَ وَآتَوُا الزَّكَاةَ فَإِخْوَانُكُمْ فِي الدِّينِ وَنُفَصِّلُ الآيَاتِ لِقَوْمٍ يَعْلَمُونَ

Yang artinya : Jika mereka bertaubat, mendirikan sholat dan menunaikan zakat, maka (mereka itu) adalah saudara-saudaramu seagama. Dan Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi kaum yang mengetahui. (QS. At-Taubah : 11)

بُنِىَ الاِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ ׃ شَهَادَةِ اَنْ لآ اِلَهَ اِلاَّ اﷲُ وَاَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلَ اﷲِ ٬ وَاِقَامِ الصَّلاَةِ ٬ وَاِيْتَاءِ الزَّكَاةِ ٬ وَالْحَجِّ ٬ وَصَوْمِ رَمَضَانَ ٠

Artinya: “Islam dibangun atas lima perkara: 1) Bersaksi bahwasanya tiada Tuhan selain Allah, dan bahwa Muhammad adalah Rasul Allah 2) Mendirikanlah shalat 3) Menunaikan zakat 4) Berhaji, dan 5) Berpuasa di bulan Ramadhan.” (H. R. al-Bukhari dan Muslim)

Jadi, kata “tunaikanlah zakat”, sifatnya umum dan tidak ada ikatan yang mengharuskan melalui amil zakat. Wallahu a’lam

======================
Bagi yang ingin wakaf tunai untuk pembangunan Pondok Modern Almuflihun, silahkan salurkan dananya ke: Bank BNI Cabang Magelang dengan no rekening: 0425335810 atas nama: Yayasan Al Muflihun Temanggung. SMS konfirmasi transfer: +201120004899

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

Open