Monday, September 21, 2020
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Apakah Bolah Puasa Bith Hanya 2 Hari?

Assalamualaikum ustadz afwan mau nanya, klw misalnya kita hari ini puasa ayamul bidh, tapi pas bsk mau puasa dilarang sm ortu, karna kebetulan ada kegiatan yg ckp melelahkan, dan ortu khawatir takut knp knp, tapi kan ayyamul bidh itu 3 hari, apa bisa bolong satu hari karna hal sperti itu? Sikap kita harus kyk gimana??
Terima kasih🙏

Waalaikum salam
Puasa ayaam bith tiga hari yaitu tanggal 14, 15 dan 16 bulan Hijriyah.
Hal ini berdasarkan hadits nabi Muhammad Saw berikut:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: «يَا أَبَا ذَرٍّ، إِذَا صُمْتَ مِنَ الشَّهْرِ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ فَصُمْ ثَلَاثَ عَشْرَةَ، وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ، وَخَمْسَ عَشْرَة»1
Rasululullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “wahai Abu Dzar jika engkau berpuasa 3 hari dalam setiap bulan maka berpuasalah pada tanggal 13, 14 dan 15.” HR. Tirmidzi )

Namun jika ada uzur atau halangan, tidak mengapa ia hanya puasa 2 hari dan insyaallah tetap dapat pahala 3 hari sesuai dengan niatnya.

Apabila Anda berpuasa ikhlas untuk Allah ta’ala, berdasarkan firman Allah ta’ala, pahala anda akan berlipat sebagaimana firman Allah berikut:

مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا
Barangsiapa membawa amal yang baik, Maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya…. Al-An’am:160

Maka silahkan berpuasa. Insyaallah anda dapat pahala berlipat. Wallahu a’lam

 

Bagi yang hendak wakaf tunai untuk pembangunan Pondok Modern Almuflihun, silahkan salurkan dananya ke: Bank BNI Cabang Magelang dengan no rekening: 0425335810 atas nama: Yayasan Al Muflihun Temanggung. SMS konfirmasi transfer: +20112000489

“””””””

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

13 − 5 =

*