Saturday, July 4, 2020
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Antara Demonstrasi Atau Menghindari Covid, Mana Lebih Utama?

Tanya:
Assalamu’alaikum.
Pak ustad mau tanya amal mana yang harus didahulukan, apakah menjaga diri tidak terkena penyakit corona (diam di rumah) atau melakukan unjuk rasa menentang kezholiman? (Wawan Tea)

Jawab:
Wa’alaikum salam

Menjaga diri dan melindungi jiwa dari mata bahaya termasuk penyakit Covid-19 adalah kewajiban. Dalilnya sebagai berikut:

ولا تلقوا بايديكم الى التهلكة

Janganlah kalian menjerumuskan diri pada kebinasaan.

Menjaga jiwa dalam ilmu maqashid disebut dengan hifzhunnafs. Amar makruf nahi Munkar bagian dari kewajiban agama sebagaimana firman Allah berikut:

كُنتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللهِ وَلَوْءَامَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُمْ مِّنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرَهُمُ الْفَاسِقُونَ

“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka; di antara mereka ada yang beriman dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik“. [Ali Imron :110]

Amar makruf nahi Munkar terhadap pemimpin yang zhalim dapat dilakukan dengan banyak cara di antaranya dengan menulis opini di media sosial, mengirimkan surat dan lain sebagainya. Unjuk rasa hanya salah satu dari sarana tersebut.

Maka berdiam diri di rumah untuk menjaga jiwa dari terkena Covid-19 harus didahulukan daripada berunjuk rasa. Karena unjuk rasa bisa diganti dengan sarana lainnya. Wallahu a’lam.

(Ustadz Wahyudi Abdurrahim, Lc., M.M)

++++++

Telah dibuka Pendaftaran Pondok Pesantren Modern Almuflihun Putra.

Formulir pendaftaran sebagai berikut:
https://bit.ly/3d9LaR0

Kontak: 0813-9278-8570

Bagi yang ingin wakaf tunai untuk pembangunan pesantren Almuflihun yang diasuh oleh ust. Wahyudi Sarju Abdurrahmim, silahkan salurkan dananya ke: Bank BNI Cabang Magelang dengan no rekening: 0425335810 atas nama: Yayasan Al Muflihun Temanggung. SMS konfirmasi transfer: +201120004899

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

two × two =

*