Wednesday, July 24, 2019
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Antara Asmaullah dan Sifat Allah

 

Syarah HPT Bab Iman

Artikel ke: 58

 

 

الْحَىُّ القَيُّوْمُ ( 9)السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ ( 10 ) وَهُوَ عَلَى آُلَِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ ( 11 إِنَّمَا اَمْرُهُ اِذَا اَرَادَ شَيْئًا أَنْ يَقُوْلَ لَهُ آُنْ فَيَكُوْنُ ( 12 ) وَهُوَ عَلِيْمٌ بِمَايَفْعَلُوْنَ ( 13 ) اَلْمُتَّصِفُ بِالْكَلاَمِ وَآُلِّ آَمَالٍ. المُنَزَّهُ عَنْ آُلِّ نَقْصٍ وَمُحَالٍ ( 14 ).( يَخْلُقُ مَا يَشَاءُ وَيَخْتَارُ. بَِيَدِهِ اْلأَمْرُ آُلُّهُ وَإِلَيْهِ يَرْجِعُوْنَ ( 15

(9). Yang mendengar dan yang melihat (10). Dan Dialah yang berkuasa atas segala sesuatu (11). Perihal-Nya apabila ia menghendaki sesuatu Ia firmankan: “Jadilah”! maka
jadilah sesuatu itu (12). Dan dia mengetahui segala sifat kesempurnaan. Yang suci dari sifat mustahil dan segala kekurangan (14). Dialah yang menjadikan sesuatu menurut kemauan dan kehendakNya. Segala sesuatu ada ditangan-Nya dan kepada-Nya akan kembali (15).

 

 

Asma’ullah al-Husna, adalah nama lain dari Allah.  Ia merupakan nama yang menunjukkan pada kemahasempurnaan Allah. Nama menunjukkan pada pada dzat, sementara sifat menunjukkan pada sesuatu yang melekat pada dzat. Setiap nama Allah, menunjukkan pada sifat Allah, sementara tidak semua sifat Allah, menunjukkan pada nama Allah. Makna dari nama Allah atau asmaullah, lebih luas dibandingkan dengan sifat Allah. Dalil dari asma Allah adalah firman allah sebagaimana berikut ini:

ads

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَۖ لَهُ ٱلۡأَسۡمَآءُ ٱلۡحُسۡنَىٰ

Artinya:

Dialah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang baik). (Q.S. Thaha: 8)

Juga firman Allah berikut ini:

قُلِ ٱدۡعُواْ ٱللَّهَ أَوِ ٱدۡعُواْ ٱلرَّحۡمَٰنَۖ أَيّٗا مَّا تَدۡعُواْ فَلَهُ ٱلۡأَسۡمَآءُ ٱلۡحُسۡنَىٰۚ وَلَا تَجۡهَرۡ بِصَلَاتِكَ وَلَا تُخَافِتۡ بِهَا وَٱبۡتَغِ بَيۡنَ ذَٰلِكَ سَبِيلٗا

Artinya: Katakanlah:

“Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu” (Q.S. Al-Isra)

Juga firman Allah berikut ini:

وَلِلَّهِ ٱلۡأَسۡمَآءُ ٱلۡحُسۡنَىٰ فَٱدۡعُوهُ بِهَاۖ وَذَرُواْ ٱلَّذِينَ يُلۡحِدُونَ فِيٓ أَسۡمَٰٓئِهِۦۚ سَيُجۡزَوۡنَ مَا كَانُواْ يَعۡمَلُونَ

Artinya:

Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan. (Q.S. Al-A’raf: 180)

 

Seperti juga dengan sifat Allah yang tidak terbatas, sesungguhnya asma Allah juga tidak terbatas. Hanya saja, paham Ahli sunnah seperti yang diungkapkan oleh Muhammad Zaki Ibrahim dalam kitab Khulashatul Aqaid Fil Islam bahwa asmaullah tersebut sifatnya tauqifi. Umumnya dikenal jumlahnya ada 99 nama. Sebagian ulama menghitung asma Allah lebih dari 1000 nama.

Terkait hal ini dapat dilihat dari matan kitab Jauharatuttauhid karya Burhanuddin Ibrahim bin Ibrahim al-Laqqani al-Maliki sebagai berikut:

 

‏38- وَعِنْدَنَا أَسماؤهُ العَظِيْمَهْ                        كَذَا صِفَاتُ ذاتِهِ قَدِيْمهْ

39- واْخِتْيرَ أَنَّ اسْماهُ تَوْقِيفيَّةْ              كذَا الصِّفاتُ فاحفَظِ السّمعيَّةْ

 

Keterangannya sebagai berikut:

Menurut ahli sunnah bahwa Allah mempunyai asma atau nama Yang Agung

Allah juga mempunyai sifat dzatiyyah yang qadim

Ahli sunnah memilih pendapat yang mengatakan bahwa asma Allah sifatnya tauqifi.

Sebagaimana Ahli sunnah berpendapat bahwa sifat Allah juga tauqifi. Keduanya hanya dapat diketaui melalui dalil  sam’iy seperti yang tercantum dalam kitab suci atau sunnah nabi.

 

======================
Bagi yang ingin wakaf tunai untuk pembangunan Pondok Modern Almuflihun, silahkan salurkan dananya ke: Bank BNI Cabang Magelang dengan no rekening: 0425335810 atas nama: Yayasan Al Muflihun Temanggung. SMS konfirmasi transfer: +201120004899

 

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

twenty − 1 =

*