Wednesday, February 26, 2020
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Aku Bangga Jadi Warga Muhammadiyah

hgsjjkk

 

  1. Dalam akidah, berpedoman pada tauhid murni. Tiada Tuhan selain Allah dan hanya Muhammad saw utusan Allah. Dengan tauhid murni ini, Muhammadiyah memerangi berbagai perbuatan syirik, termasuk tahayul yang sangat mengakar di masyarakat. Sejak awal berdiri hingga saat ini, banyak perbuatan syirik yang diberangus oleh Muhammadiyah. Syirik selain merupakan perbuatan dosa besar yang tiada ampun, juga merupakan salah satu perbuatan yang dapat menghalangi umat manusia untuk membangun peradaban. Syirik menjadikan manusia terikat dengan benda, dan bukan tunduk semata hanya kepad Allah semata. Perbuatan ini tentu bertentangan dengan tugas utama manusia di muka bumi, yaitu sebagai khalifahtullah. Tugas utama kita adalah membangun peradaban yang sesuai dengan jalur syariat. Muhammadiyah mempunyai cita-cita nulia,  baldatun tayyibatun wa rabbun ghafur yang diterjemahkan oleh Muhammadiyah dengan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.
  2. Dalam ibadah, Muhammadiyah sangat hati-hati. Muhammadiyah selalu mencari dalil shahih agar ibadah yang dijalankan sesuai dengan tuntutan syariat. Muhammadiyah tidak mau terjatuh ke jurang bidah, dengan melakukan ibadah yang tidak pernah dicontohkan oleh Rasulullah saw. Muhammadiyah sangat menyadari bahwa bidah merupakan perbuatan tercela dengan ancaman neraka bagi pelakunya. Muhammadiyah selalu berpegang kepada kaedah ushul, bahwa seluruh ibadah adalah haram, kecuali ada dalil yang menunjukkan mengenai perintah ibadah tersebut.
  3. Dalam muamalah, Muhammadiyah selalu kreatif. Muhammadiyah melihat bawah muamalah duniyawiyah merupakan urusan manusia dan melihat kepada maslahat manusia sesuai dengan jalur syariat. Dengan sikap kreatif itu, Muhammadiyah mampu membangun ribuan amal usaha, baik rumah sakit, sekolahan, panti asuhan, media baik TV, Radio, wesite, majalah dan lainnya, koperasi, dan masih banyak lagi. Semua itu dijalanan karena kesadaran yang mendalam mengenai tugas manusia sebagai wakil Tuhan di muka bumi. Muhammadiyah selalu berpegang kepada kaedah ushul, bahwa untuk urusan muamalah, kita harus melihat kepada spirit dan maqashid.
  4. Dalam hal akhlak, Muhammadiyah sangat menjujung tinggi sifat amanah. Berapapun dana yang dititipkan ke Muhammadiyah, hampir bisa dipastikan akan disalurkan sesuai dengan amanat umat. Dengan jiwa amanah yang tinggi itu, berbagai amal usaha Muhammadiyah bisa berdiri. Sebagai wujud dorongan terhadap nilai amanah ini, Muhammadiyah melalui Majelis Tarjih dan Tajdid menulis buku pedoman yang sangat urgen bagi bangsa kita saat ini, yaitu “Fikih Anti Korupsi”. Buku ini merupakan dorongan moral dari Muhammadiyah untuk bangsa dan Negara.

 

Masih banyak sifat-sifat mulia yang miliki oleh Muhammadiyah. Minimal empat hal tadi menjadi kebanggan tersendiri bagi saya menjadi bagian dari Muhammadiyah. Semoga Muhammadyah kedepan semakin maju dan berkembang. Semoga cita-cita mulia Muhammadiyah untuk membentuk masyarakat utama segera terwujud. Semoga segala amal perbuatan yang dilakukan oleh para pejuang Muhammadiyah selalu mendapatkan ridha Allah dan mendapatkan pahala yang setimpal. Amiin ya rabbal alamin. Selamat untuk Muktamar Muhammadiyah yang ke 47.

 

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

four × four =

*