Saturday, November 18, 2017
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Ada Apa Dengan Pesantren Muhammadiyah

shsdj

 

Beberapa waktu lalu, dibuka pendaftaran beasiswa untuk melanutkan studi ke Timur Tengah. Santri bisa memilih negara mana yang ia sukai; Mesir, Sudan, Maroko dan negara lainnya. Setelah itu, juga ada informasi daurah utuk beasiswa ke Madinah. Tentu ini momentum berharga bagi pondok pesantren Muhammadiyah untuk bisa mengirimkan santrinya ke Timur Tengah. Santri akan dapat pengalaman baru dan ilmu baru dari ulama yang berkelas internasional.

 

Mengingat pentingnya informasi ini, segera saya kirimkan link info detail beasiswa ke grop FB Muhammadiyah yang anggotanya lebih dari 33 ribu. Harapan saya, kesempatan ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh pondok pesantren Muhammadiyah. Saya juga coba share informasi ini via group Whatsapp.

 

Meski informasi sudah cukup tersebar, anehnya pesantren yang mengikutsertakan santrinya untuk ikut tes beasiswa hanya tiga, yaitu Muallimin, Muallimat dan MBS Prambanan. Itupun karena di tiga pesantren tadi, ada alumni PCIM/PCIA yang menjadi tenaga pengajar.

 

Tanda Tanya besar, mengapa pesantren Muhammadiyah “tidak berminat” untuk mengirimkan santrinya ke Timur Tengah. Apakah karena informasi yang kami sebarkan tidak sampai, apakah karena Timur Tengah kurang menarik, ataukah karena tidak percaya diri karena merasa pesantren Muhammadiyah masih “belum” berkualitas?

 

Untuk ke Mesir, PCIM siap untuk membantu, baik dari pengurusan visa, tiket, sampai urusan mereka di Mesir. Informasi ini telah kami sampaikan. Bahkan tatkala pertemuan antar pesantren Muhammadiyah, PCIM sengaja mengutus dua orang delegasi untuk bisa hadir dan berbicara di hadapan mereka. PCIM berusaha memberikan inforasi akurat terkait sistem pendidikan di al-Azhar. Meski demikian, tetap saja hasilnya tidak maksimal. Mudah-mudahan saja, “ketidaktertarikan” pesantren Muhammadiyah ini bukan karena kualitas pesantren Muhammadiyah yang rendah, namun karena alasan subyektif lainnya. Wallahu alam.

 

 

 

Comments

comments

 border=
 border=

One comment

  1. mohon doanya, semoga anak2ku besok mau masuk pondok dan meneruskan study dan dpt beasiswa ke mesir. Aamiin. walau anakku masih kecil2 sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

Open