Saturday, April 20, 2024
Artikel Terbaru
 border=
 border=

Agar Rezki Tidak Seret

Saya seorang wiraswasta membangun usaha bersama suami jual ayam potong, namun ahir-ahir ini usaha kami agak berkurang karena kami mempunyai hutang yang banyak akibatnya suami sudah tidak punya modal untuk berjualan lagi. Awalnya usaha kami berjalan dengan baik yaa, walaupun kami belum mendapatkan pelanggan  karena kami masih baru dalam berjualan. Bagaimana sikap yang harus kami ambil dalam masalah ini? Kami benar-benar stress

 

 

Waalaikum salam

Berdagang atau mencari penghidupan dengan usaha mandiri, adalah sesuatu yang sangat dianjurkan agama dan mendapatkan pahala yang sangat besar.  Terkait hal ini, Allah berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ , فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (QS. Al Jumu’ah: 9-10)

ayat di atas menjelaskan bahwa jika sedang bekerja dan waktunya shalat jumat (waktu ibadah) dating, maka bersegeralah beribadah. Namun setelah itu, segeralah bertebaran kembali ke tempat kerjanya masing-masing. Namun sangat lupa untuk sellau mengingat allah.

Kenapa harus mengingat allah, karena kita masih mendapatkan kesempatan dan kesehatan untuk bisa berdagang. Dalam berdagang, juga selalu berinteraksi dengan banyak orang sehingga sangat mungkin untuk berlaku curang. Dalam berdagang, juga kadang untukng kdang rugi, maka dengan mengingat Allah, kita akan tentang dan nyaman.

Dagang dan usaha kita, kita jalankan sebagai bagian ibadah kepada Allah. Dagang kita, murni karena perintah Allah agar kita mencari rezki dan karunia-Nya. Adapaun rezki yang akan kita terima, adalah hak Allah. Bisa jadi mendapatkan hari ini, bisa jadi ditunda esok hari. Hanya Allah telah berjanji bahwa kita tetap akan diberi rezki. Maka jangan khawatir. Terkait jaminan rezki Allah ini, Allah berfirman:

اللَّهُ الَّذِي خَلَقَكُمْ ثُمَّ رَزَقَكُمْ ثُمَّ يُمِيتُكُمْ ثُمَّ يُحْيِيكُمْ ۖ هَلْ مِنْ شُرَكَائِكُمْ مَنْ يَفْعَلُ مِنْ ذَٰلِكُمْ مِنْ شَيْءٍ ۚ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَىٰ عَمَّا يُشْرِكُونَ

Allah yang menciptakan kamu, kemudian memberimu rezeki, kemudian mematikanmu, lalu menghidupkanmu (kembali). Adakah di antara mereka yang kamu sekutukan dengan Allah itu ada yang mampu berbuat sesuatu yang demikian itu? Mahasuci Dia dan Maha tinggi dari apa yang mereka persekutukan. – (Q.S Ar-Rum: 40)

وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُبِينٍ

Dan tidak ada satupun makhluk bergerak (bernyawa) di muka bumi melainkan semuanya telah dijamin rezekinya oleh Allah. Dia mengetahui tempat kediaman dan tempat penyimpanannya. Semua itu (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh). – (Q.S Hud: 6)

 

 

Seberapa banyak rezki  kita, sesungguhnya telah dituliskan oleh Allah sebagaimana sabda nabi berikut:

إِنَّ أَوَّلَ مَا خَلَقَ اللَّهُ الْقَلَمَ فَقَالَ اكْتُبْ. فَقَالَ مَا أَكْتُبُ قَالَ اكْتُبِ الْقَدَرَ مَا كَانَ وَمَا هُوَ كَائِنٌ إِلَى الأَبَدِ

Sesungguhnya awal yang Allah ciptakan (setelah ‘arsy, air dan angin) adalah qalam (pena), kemudian Allah berfirman, “Tulislah”. Pena berkata, “Apa yang harus aku tulis”. Allah berfirman, “Tulislah takdir berbagai kejadian dan yang terjadi selamanya.” (HR. Tirmidzi).

 

Meski demikian, ada beberapa doa agar kita dimudahkan untuk menggapai rezki, di antaranya adalah dengan mendekatkan diri kepada Allah (banyak shalat dan mengaji) dan juga banyak membaca istigfar (astagfirullahal adzhim), banyak membaca taszbih (subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar). Jumlahnya berapa? Sebanyak-banyaknya. Dalam setiap waktu, bacalah doa di atas. Insyaallah rezki akan dimudahkan. Hal ini sesuai dengan firman Allah berikut: فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا (10) يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا (11) وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا (12)

Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS. Nuh: 10-12)

Hasan Al Bashri ra pernah berkata:

أَنَّ رَجُلًا شَكَى إِلَيْهِ الْجَدْب فَقَالَ اِسْتَغْفِرْ اللَّه ، وَشَكَى إِلَيْهِ آخَر الْفَقْر فَقَالَ اِسْتَغْفِرْ اللَّه ، وَشَكَى إِلَيْهِ آخَر جَفَاف بُسْتَانه فَقَالَ اِسْتَغْفِرْ اللَّه ، وَشَكَى إِلَيْهِ آخَر عَدَم الْوَلَد فَقَالَ اِسْتَغْفِرْ اللَّه ، ثُمَّ تَلَا عَلَيْهِمْ هَذِهِ الْآيَة

“Sesungguhnya seseorang pernah mengadukan kepada Al Hasan tentang musim paceklik yang terjadi. Lalu Al Hasan menasehatkan, “Beristigfarlah (mohon ampunlah) kepada Allah”.

فَلَوْلَآ أَنَّهُۥ كَانَ مِنَ ٱلْمُسَبِّحِينَ ()لَلَبِثَ فِى بَطْنِهِۦٓ إِلَىٰ يَوْمِ يُبْعَثُونَ

 

Maka kalau sekiranya dia tidak termasuk orang-orang yang bertasbih () Niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit (QS. Ash-Shafat::144-145).

 

Semoga bapak dimudahkan urusannya, dilapangkan rezkinya dan selalu mendapatkan bawakah. Amin wallahu a’lam (Ust. Wahyudi Abdurrahim, Lc. M.M)

 

===

Bagi yang ingin wakaf tunai untuk pembangunan Pondok Modern Almuflihun yang diasuh oleh Ustadz Wahyudi Abdurrahim Lc, M.M, silahkan salurkan dananya ke: Bank BNI Cabang Magelang dengan no rekening: 0425335810 atas nama: Yayasan Al Muflihun Temanggung. SMS konfirmasi transfer: +201120004899

 

Comments

comments

 border=
 border=

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

fifteen + ten =

*